CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Menentukan Menu yang Pas untuk Bisnis Katering

By Isny Dewi R

10 December 2020

Tips dalam menentukan menu untuk menjalankan bisnis katering.

Photo source: Pixabay
 
 
Apakah Anda tertarik dan berniat membuka bisnis katering? Jika ya, maka tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk dalam hal menentukan dan menyusun menu. Ini penting dilakukan karena dapat memengaruhi minat pelanggan. Jika pelanggan tidak merasa bosan dengan menu yang ditawarkan, maka bukan tak mungkin bisnis katering Anda akan langgeng.
 
Melansir Kompas.com, dalam buku "Kursus Singkat Usaha Aneka Katering Laris Manis" (2013) yang ditulis oleh Wulan Ayodya, terdapat beberapa tips dalam menentukan menu untuk menjalankan bisnis katering.
 
1. Menyediakan Beragam Hidangan Andalan
Calon pelanggan akan melihat-lihat terlebih dulu menu yang ditawarkan, sebelum memilih, dan menentukan menu yang akan dipesan. Agar pelanggan tertarik menggunakan jasa katering Anda, sebaiknya tawarkan menu yang beragam, sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan. Selain itu, mereka juga dapat memesan menu yang berbeda setiap hari.
 
Jangan lupa untuk memberikan informasi seputar menu andalan bisnis katering Anda. Cara ini dapat membantu pelanggan baru yang bingung dalam memilih menu. Menu andalan biasanya akan menjadi pertimbangan calon pelanggan saat hendak memilih menu yang ditawarkan. Menu andalan sendiri merupakan makanan yang menjadi ciri khas bisnis katering Anda.
 
2. Perhatikan Gizi
Meski bisnis katering Anda menyediakan berbagai macam menu, namun jangan lupa untuk memperhatikan gizi dalam menu tersebut. Sebagai contoh, dalam seporsi hidangan katering setidaknya mengandung kebutuhan pangan yang baik untuk tubuh seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan lemak yang seimbang.
 
3. Sediakan Nasi
Untuk bisnis katering yang mengangkat menu makanan khas Indonesia, maka Anda perlu menyediakan nasi. Nasi merupakan menu pokok terutama bagi sebagian besar orang Indonesia. Selanjutnya, nasi dipadukan dengan lauk-pauk seperti sayur berkuah, oseng-oseng, gorengan, buah, atau sajian lainnya.
 
4. Padukan Isi
Sebagai pemilik bisnis katering, Anda harus mampu memadukan menu makanan yang satu dengan lainnya, seperti sayur dengan gorengan atau tumisan dalam satu kemasan atau wadah menarik. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan makanan penutup seperti buah, kue, atau puding.
 
5. Perhatikan HPP dan Keuntungan
Dalam seporsi menu katering terdapat keterangan bahan-bahan masakan yang digunakan seperti daging sapi, ikan, ayam, sayur, dan terkadang masakan dari negara lain. Dengan adanya paduan menu menurut bahan-bahan makanan tersebut, Anda harus mampu membuat pilihan menu yang menarik dan cocok tanpa mengabaikan HPP (Harga Pokok Penjualan) dan keuntungan yang didapat.

Share this article?

MUST SEE