CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Menggunakan Catalog pada WhatsApp Business untuk Jualan

By Isny Dewi R

11 August 2020

WhatsApp Business menghadirkan fitur Catalog untuk membantu para pelaku UMKM menampilkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Photo source: Pixabay
 
 
Di tengah masa sulit akibat pandemi COVID-19, banyak pewirausaha konvensional yang beralih ke bisnis digital. Melihat hal itu, WhatsApp Business menghadirkan fitur Catalog. Melalui fitur tersebut, para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bisa menampilkan produk atau jasa yang mereka tawarkan pada profil WhatsApp Business.
 
Melalui fitur Catalog, para konsumen pun tak hanya dapat melihat foto produk atau jasa yang ditawarkan penjual, namun juga bisa melihat deskripsi hingga harga produk. Berikut cara menggunakan fitur Catalog pada WhatsApp Business:
 
  1. Aplikasi WhatsApp Business bisa diunduh baik di Play Store maupun App Store. Setelah itu, verifikasi nomor ponsel Anda.

  2. Buka aplikasi WhatsApp Business, kemudian pilih ikon tiga titik atau More Options yang terletak di pojok kanan atas.

  3. Selanjutnya, pilih menu Settings dan Business Settings.

  4. Lalu, tap Catalog. Setelah itu, Anda akan melihat opsi katalog. Pastikan aplikasi WhatsApp Business Anda sudah diperbarui ke versi terbaru, agar dapat menikmati fitur ini.

  5. Pada laman Create a Catalog, pilih Add Product or Service. Lalu, pilih Add Images untuk mengunggah foto produk atau jasa yang Anda jual. Anda bisa menambahkan foto melalui galeri atau foto langsung melalui fitur kamera pada Catalog. Anda bisa mengunggah hingga 500 foto pada fitur ini.

  6. Setelah itu, masukkan nama produk atau jasa, harga (opsional), deskripsi, link (bisa link di situs-situs e-commerce atau website pribadi), kode produk atau jasa.

  7. Selanjutnya, pilih Save. Catalog pun siap digunakan pada aplikasi WhatsApp Business Anda.

Share this article?

MUST SEE