CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Mengumpulkan Dana Darurat Meski Penghasilan Pas-pasan

By Eskanisa R

14 September 2020

Karena kondisi darurat bisa terjadi kapan saja.

Sumber foto: Pixabay

Di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi dalam kondisi yang serba sulit seperti ini, usahakan untuk tetap mengumpulkan dana darurat dengan cara berikut.

1. Buat Anggaran
Hal penting pertama adalah membuat anggaran pengeluaran bulanan, terutama bagi yang saat ini masih diberi kesempatan untuk bekerja dan menerima gaji bulanan. Prioritaskan pada kebutuhan pokok. Teliti kembali pengeluaran apa saja yang bisa ditekan atau dikurangi.

2. Menabung Setiap Hari
Hal ini tidak hanya berlaku untuk yang memiliki penghasilan harian saja namun juga yang memiliki penghasilan bulanan. Tentukan jumlah yang harus ditabung setiap hari. Tidak masalah seberapa besar jumlah yang bisa Anda tabung. Setidaknya, Anda memiliki dana darurat yang akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

3. Konsisten
Keberhasilan mengumpulkan dana darurat di masa sulit seperti ini tentu dipengaruhi oleh konsistensi dan kedisplinan Anda dalam menabung. Jangan mudah tergiur untuk membelanjakan uang sekecil apapun untuk hal yang tidak dibutuhkan. Selalu ingat bahwa bisa saja di kemudian hari Anda jatuh sakit atau harus kehilangan mata pencaharian.
 

Share this article?

MUST SEE