CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Menyimpan Masker yang Benar saat Keluar Rumah

By Isny Dewi R

19 October 2020

Anda harus memperhatikan cara menyimpan masker yang benar agar kebersihan masker tetap terjaga dan partikel yang tersaring masker tidak menyebar ke mana-mana.

Photo source: Pexels
 

Memakai masker menjadi salah satu hal yang harus dilakukan masyarakat saat hendak beraktivitas di luar ruangan selama pandemi COVID-19. Anda juga disarankan untuk membawa masker cadangan sebagai langkah antisipasi jika masker basah atau sudah tidak dapat dikenakan.
 
Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan cara menyimpan masker yang benar agar kebersihan masker tetap terjaga dan partikel yang tersaring masker tidak menyebar ke mana-mana.
 
Melansir Detik Wolipop, ada dua alternatif untuk menyimpan masker saat keluar rumah. Pertama, menggunakan kantong kertas kecil yang muat dalam tas. Anda bisa memasukkan masker ke kantong tersebut. Jangan pernah menaruh masker sembarangan tanpa kantong seperti di atas meja. Karena partikel yang mungkin menempel pada masker bisa menyebar ke mana-mana, atau sebaliknya, partikel yang beredar bisa saja menempel di masker Anda.
 
Cara kedua, bisa dengan menyimpannya di dalam tas plastik zip-lock. Tas jenis ini memiliki pengunci kedap udara sehingga lebih aman untuk menyimpan masker.
 
"Pertimbangkan untuk membawa tas kecil yang bisa ditutup supaya masker tetap bersih, kering, dan tidak rusak," ujar Amanda Castel, profesor epidemiologi dari George Washington University, Milken Institute School of Public Health, dikutip dari The Huffington Post.
 
Perhatikan juga cara melepas masker. Castel menyarankan agar melepas masker dengan cara melepas tali yang dikaitkan di bagian telinga. Setelah dilepas, lipat masker menjadi dua bagian. Pastikan bagian masker yang kontak langsung dengan mulut berada di dalam. Dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker.

Share this article?

MUST SEE