CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Cara Mudah Beli Tiket MRT Jakarta Lewat Aplikasi

By Isny Dewi R

28 July 2020

Sebagai bagian dari inovasi layanan MRT Jakarta, PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan aplikasi pembelian tiket, MRT-J.

Photo source: jakartamrt.co.id
 
 
Sebagai bagian dari inovasi layanan MRT Jakarta, PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan aplikasi pembelian tiket, MRT-J, sejak 27 April 2020 lalu. Hal ini juga merupakan salah satu langkah PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan meminimalisir sentuhan saat melakukan pembelian tiket. Meski demikian, pengguna tetap dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu uang elektronik. 
 
“Aplikasi ini merupakan inisiatif kami mengikuti tren penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran transaksi di masyarakat. Meski demikian, pengguna tetap dapat menggunakan kartu jelajah berganda atau tunggal, dan uang elektronik,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar (27/4), dikutip dari jakartamrt.co.id. “Fasilitas ini juga salah satu langkah kami mengurangi interaksi fisik yang mendukung penerapan physical distancing sehingga calon penumpang terhindar dari paparan COVID-19,” tambahnya.
 
Photo source: jakartamrt.co.id
 
Aplikasi ini memungkinkan para pengguna MRT Jakarta membeli tiket sebelum tiba di stasiun dan memindai kode QR di pintu penumpang (passenger gate), lalu masuk ke area berbayar beranda peron (paid concourse). Berikut langkah-langkah pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J:
 
  1. Download aplikasi MRT-J yang tersedia di Play Store dan Apple Store.

  2. Registrasi akun bisa dilakukan dengan dua cara. Melalui media sosial Anda atau pilih opsi Buat Akun.

  3. Setelah proses registrasi selesai, Anda bisa mulai melakukan pembelian tiket.

  4. Pilih Stasiun Keberangkatan dan Stasiun Tujuan.

  5. Masukkan jumlah tiket yang akan dibeli. Anda juga bisa memilih opsi Pulang-pergi.

  6. Pilih Beli Tiket, lalu pilih metode pembayaran yang diinginkan. Bisa melalui DANA, Link Aja!, OVO, atau gopay.

  7. Tekan tombol Bayar untuk melanjutkan proses pembelian tiket.

  8. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke laman tiket.

  9. Menu Tiket Perjalanan bisa Anda temukan di tab kedua pada aplikasi. Layar utama pada Tiket Perjalanan berisi data tiket yang sudah Anda beli.

  10. Untuk menggunakan tiket tersebut, masuk ke laman Tiket Perjalanan.

  11. Pilih Tap Masuk/Keluar untuk menampilkan kode QR.

  12. Pindai kode QR pada kamera di pintu tiket stasiun.

Selama pandemi COVID-19, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga memastikan penerapan Protokol BANGKIT dilakukan secara konsisten agar pengguna terjamin keamanan dan keselamatannya selama menggunakan MRT Jakarta.
 
Protokol BANGKIT tersebut antara lain pengecekan suhu tubuh, pemasangan rambu jaga jarak di stasiun dan kereta, sosialisasi berkala baik melalui pengumuman langsung maupun melalui media sosial, serta disinfeksi area stasiun dan kereta senantiasa diterapkan sejak tahap awal kasus COVID-19 diumumkan. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mewajibkan pengguna untuk selalu menggunakan masker, menyanitasi tangan, dan melakukan transaksi non tunai.

Share this article?

MUST SEE