CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Mudah Membuat Dorayaki, Makanan Kesukaan Doraemon

By Eskanisa R

22 January 2021

Awet sampai satu bulan jika disimpan di dalam freezer.

Sumber foto: Just One Cookbook

Bagi yang senang menonton serial kartun Doraemon, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Dorayaki merupakan kue tradisional asal Jepang yang dibuat dari dua lembar pancake dengan isian kacang merah.
 
Awalnya, dorayaki hanya dibuat dari satu lembar adonan pancake dengan isian kacang merah yang bagian pinggirnya dilipat membentuk segi empat. Namun, pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya memperkenalkan dorayaki dari adonan castella (bolu Jepang) yang terdiri dari dua lembar pancake, yang kemudian populer hingga saat ini.
 
Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, bahkan tanpa cetakan sekali pun. Cukup dengan wajan anti lengket dan bahan-bahan sederhana, Anda pun bisa membuat makanan favorit Doraemon, melansir Just One Cookbook
 
Bahan-bahan:
4 telur (ukuran besar)
140 gram gula pasir
2 sdm madu
160 gram tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1 – 2 sdm air
1 sdt minyak sayur untuk memanggang
520 gram pasta kacang merah (beli di marketplace)
 
Cara membuat:
1. Campur telur, gula pasir, dan madu. Kocok hingga teksturnya lembut dan mengembang.

2. Ayak tepung terigu dan baking powder ke campuran telur. Aduk rata. Istirahatkan di dalam kulkas selama 15 menit.
3. Selama disimpan di dalam kulkas, adonan menjadi lembut. Tambahkan 1 – 2 sdm air. Sesuaikan teksturnya, jangan sampai terlalu cair.
4. Panaskan wajan anti lengket di atas api kecil selama 5 menit. Celupkan tisu ke dalam minyak sayur, oleskan di atas wajan. Bersihkan minyak, jangan sampai ada yang tersisa (kunci agar warna dorayaki merata).
5. Tuang 3 sdm adonan, balik jika sisi atas sudah muncul gelembung. Masak kedua sisi hingga warna cokelatnya merata.
6. Ulangi langkah kelima sampai adonan habis (tanpa harus menambahkan minyak). Selama memanggang, tutup lembaran pancake yang sudah matang dengan serbet lembap agar tidak kering.
7. Ambil satu lembar pancake, beri pasta kacang merah di bagian tengah, tutup dengan lembaran pancake lain. Jika tidak ada pasta kacang merah, isian bisa diganti sesuai selera, seperti selai cokelat.
8. Dorayaki siap dihidangkan. Jika ada sisa atau tidak ingin langsung dihidangkan, bungkus menggunakan plastic wrap, letakkan dalam plastik klip atau wadah kedap udara, dan simpan dalam freezer dengan begitu dorayaki bisa bertahan hingga satu bulan lamanya.

Share this article?

MUST SEE