CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

By Eskanisa R

07 June 2020

Langkah sederhana turunkan kolesterol jahat tanpa obat-obatan.

Sumber foto: Pixabay

Berbagai hidangan lezat khas Lebaran dengan campuran santan seperti ketupat sayur, opor, rendang, dan gulai tentu tidak dapat dihindari. Di balik perpaduan santan dan daging yang begitu lezat, ada lemak dan kolesterol yang mengintai, bahkan hingga minggu ketiga pasca Lebaran. Agar terhindar dari risiko penyakit jantung atau stroke, berikut cara mudah menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

1. Perbanyak Serat
Selain membantu melancarkan saluran pencernaan, buah dan sayur sebagai sumber serat alami dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi tomat yang kaya akan likopen atau antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol, dan bawang putih dengan kandungan allicin untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Atau bisa juga mengonsumsi jeruk dan apel yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.

2. Olahraga Ringan
Meski di tengah pandemi, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Menjaga tubuh tetap aktif bergerak terbukti mampu membakar lemak dalam tubuh. Mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki minimal 30 menit dan dilanjutkan dengan jogging atau olahraga lain yang Anda gemari. Jangan lupa memakai masker saat berolahraga di luar rumah ya.

3. Konsumsi Jahe
Jahe merupakan salah satu bumbu dapur serbaguna yang memiliki banyak khasiat, salah satunya menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jahe yang bisa diolah sebagai campuran sup, tumisan hingga minuman ini terbukti mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi sedikitnya 5 gram jahe per hari untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri otot pasca berolahraga, sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam batasan normal.
 
 

Share this article?

MUST SEE