CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Paling Aman Terima Paket di Tengah Pandemi COVID-19

By Isny Dewi R

25 May 2020

Top photo credit: medium.com

Virus korona dapat bertahan di permukaan selama sembilan hari atau lebih, lantas amankah untuk menyentuh paket yang baru saja dikirim oleh kurir dari online shop favorit Anda? Haruskah Anda menyemprotkan disinfektan ke kotak atau meletakkannya di luar selama beberapa hari? Apakah Anda perlu mengenakan masker atau sarung tangan saat membuka paket tersebut?

Saat ini, jawabannya adalah tidak untuk semua itu, dan inilah alasannya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan ada risiko yang sangat rendah untuk penyebaran virus korona dari paket yang telah berada di perjalanan selama beberapa hari. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mencatat bahwa sangat tidak mungkin suatu paket terkontaminasi setelah terpapar pada kondisi yang berbeda, dan oleh karena itu risiko seseorang tertular virus dari suatu paket dianggap rendah.

Bagaimana dengan paket yang tiba pada hari yang sama, seperti layanan pengiriman makanan? Virus korona seperti yang ada sekarang telah ditemukan bertahan di permukaan hingga sembilan hari (molekul dari virus yang menyebabkan COVID-19 ditemukan hingga 17 hari kemudian). Namun, pengetahuan saat ini adalah bahwa aman memesan makanan dan belanjaan. Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, tidak ada bukti virus ditularkan melalui makanan atau kemasan.

Meski begitu, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra di rumah jika itu yang dapat membuat Anda merasa aman. Saran paling ampuh dan tepat saat ini adalah dengan mencuci tangan selama setidaknya 20 detik setelah menerima dan membuka paket, serta tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

Share this article?

Place/Address:

Cara Aman Terima Paket di Tengah Pandemi COVID-19

MUST SEE