CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Sederhana Mengatasi Overthinking

By Eskanisa R

21 July 2020

Langkah sederhana ini diharapkan mampu menghentikan kebiasaan overthinking.

Sumber foto: Pixabay
 
Jika Anda kerap menghabiskan waktu untuk memikirkan suatu hal secara berlebihan, mungkin Anda termasuk overthinker. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, overthinking mungkin dapat membantu seseorang memikirkan kemungkinan terbaik dan terburuk akan suatu hal sebelum bertindak (mengambil keputusan).
 
Namun, di sisi lain, juga memiliki dampak buruk jika berujung pada timbulnya rasa cemas berlebih, sulit tidur hingga mencegah Anda untuk melakukan banyak hal karena terlalu khawatir. Oleh sebab itu, berikut cara sederhana yang bisa Anda coba untuk meredam overthinking dilansir dari berbagai sumber.

1. Sadar
Langkah pertama untuk menghentikan overthinking adalah sadar, dilansir dari Tirto. Sesaat setelah sadar bahwa Anda tengah mengkhawatirkan suatu hal berulang-ulang, sadarlah bahwa pikiran tersebut bukanlah hal positif dan produktif yang seharusnya Anda lakukan. Kendalikan pikiran tersebut, jangan sampai Anda larut dalam kekhawatiran yang tidak perlu.

2. Lakukan Hobi
Dilansir dari hellosehat, saat Anda butuh mengistirahatkan pikiran dari proses memikirkan suatu hal secara berlebihan dan terus menerus (overthinking), lakukan aktivitas atau hobi yang Anda gemari. Bisa olahraga, bermain dengan binatang peliharaan, mendengarkan musik, memasak atau aktivitas lain yang belum pernah Anda lakukan untuk membebaskan Anda dari pikiran negatif.

3. Latihan Pernapasan
Dilansir dari Kompas, praktisi emotional healing and mindfulness, Adjie Santosoputro menyarankan seseorang yang overthinking meluangkan waktu untuk melatih pikiran dan mulai menyadari napas. Di mana prosesnya bisa sambil dilakukan dengan aktivitas lain. Untuk sepenuhnya sadar (mindful), ada beberapa latihan yang bisa dilakukan:
  • Sitting practice: fokus menyadari napas dalam keadaan duduk diam.
  • Eating practice: fokus makan sambil mengajak pikiran bermeditasi.
  • Walking or moving practice: melatih diri untuk sepenuhnya sadar dan fokus pada keberadaan saat ini yang dilakukan sambil jalan-jalan santai di lingkungan sekitar.
 

Share this article?

MUST SEE