CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Sederhana Mengatur Keuangan Selama Pandemi COVID-19

By Eskanisa R

15 April 2020

Atur keuangan rumah tangga selama pandemi COVID-19 dengan tips mudah ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengatur keuangan rumah tangga selama pandemi saat ini menjadi tantangan baru. Pasalnya, mau tidak mau harus membuka pos ekstra untuk pengeluaran seperti vitamin, internet (kuota) selama work from home, dan kebutuhan mendesak lainnya. Meski begitu, Anda dituntut untuk dapat membuat strategi agar keuangan tidak carut-marut. Berikut cara sederhana yang bisa Anda diterapkan untuk mengatur keuangan selama pandemi COVID-19.

1. Cek Kembali Anggaran Belanja Bulanan

Cek kembali daftar belanja bulanan untuk mengetahui pos mana yang bisa distop dan dialihkan sementara waktu untuk pengeluaran ekstra yang dibutuhkan selama pandemic. Misalnya saja, menyetop belanja kosmetik yang kemungkinan jarang Anda gunakan selama #dirumahaja.

2. Belanja Secukupnya

Setelah mengetahui pos mana saja yang bisa distop dan dialihkan untuk pos ekstra, gunakan uang tersebut sesuai kebutuhan. Manfaatkan dana yang ada secara efisien dan efektif. Jangan sampai mengalami panic buying atau fenomena melakukan penimbunan beberapa barang karena terjadi situasi darurat seperti sekarang ini. Belanjalah sesuai kebutuhan, Anda juga bisa memanfaatkan diskon yang ditawarkan e-commerce untuk belanja kebutuhan pokok selama #dirumahaja.

3. Berhemat

Ada banyak cara sederhana untuk berhemat meski #dirumahaja. Contoh paling sederhana antara lain tidak sering-sering memesan makanan secara online. Lebih baik membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri sehingga lebih hemat.

Anda juga bisa berhemat dengan mengurangi penggunaan AC. Jika cuaca sedang tidak terlalu panas, lebih baik tidak menyalakan AC. Bisa juga berhemat dengan menggunakan lampu hemat energi, tidak menyalakan lampu di siang hari, mematikan magic jar saat (nasi) sudah masak, mencabut (kabel) peralatan elektronik jika tidak digunakan serta menggunakan air secukupnya. Tujuannya agar tagihan listrik tidak melonjak selama pandemi COVID-19 sehingga uang untuk membayar listrik bisa digunakan untuk pos ekstra.

 

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/ 

Share this article?

MUST SEE