CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Sederhana Menjaga Anak Tetap Disiplin Belajar di Rumah saat Pandemi Covid-19

By Eskanisa R

07 April 2020

Tips menjaga kedisiplinan anak saat belajar di rumah selama pandemi Corona.

Imbas dari pandemi COVID-19, kegiatan belajar-mengajar di sekolah dan universitas di Indonesia dihentikan sementara untuk mencegah penyebaran COVID-19. Sebagai gantinya, pelajar dan mahasiswa diimbau untuk belajar di rumah secara daring. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua untuk bisa menjaga anak mereka tetap belajar meski #dirumahaja. Meski begitu, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan agar anak tetap disiplin selama mengikuti kegiatan belajar jarak jauh.

1. Buat Jadwal

Meski saat ini proses belajar-mengajar di sekolah tengah dihentikan sementara, orang tua harus tetap melakukan kebiasaan yang diterapkan saat bersekolah. Sebagai contoh, anak harus tetap bangun pukul 6 pagi, mandi, sarapan dan bersiap-siap belajar. Ikuti jadwal pelajaran yang sudah diberikan pihak sekolah.

Begitu juga saat waktu istirahat tiba, biarkan anak Anda istirahat belajar sejenak. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menanyakan pada guru mengenai materi apa yang harus dipelajari anak dan tugas apa yang harus dikerjakan.

2. Suasana Belajar yang Nyaman dan Kondusif

Buatlah tempat belajar khusus di rumah dan pastikan anak Anda selalu belajar di tempat tersebut. Dengan begitu, anak terlatih untuk tetap disiplin meskipun merasa bosan dan ingin belajar di tempat yang berbeda. Jangan biarkan anak berpindah-pindah tempat (belajar), guna menjaga konsentrasi anak.

3. Evaluasi

Pada tahap evaluasi, Anda dapat mengetahui apakah anak Anda terlambat dalam menyelesaikan tugas atau tidak. Jika iya, diskusikan apa yang menjadi penyebab keterlambatan tersebut, temukan letak kesulitannya bersama, kemudian cari solusinya. Anda bisa memanfaatkan media pembelajaran daring yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atau sejumlah lembaga pendidikan informal yang memberikan akses gratis untuk mendapatkan banyak materi yang dibutuhkan anak. Jika masih belum mengerti, jangan sungkan untuk menghubungi guru.

 

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/ 

Share this article?

MUST SEE