CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Tepat Membayar Utang di Tengah Pandemi

By Eskanisa R

07 October 2020

Agar dapat membayar utang tepat waktu.

Sumber foto: Pixabay
 
Di tengah pandemi yang penuh ketidakpastian seperti ini membayar utang terasa sulit dilakukan. Pasalnya, tidak sedikit yang merasakan penurunan ekonomi sebagai dampak dari pandemi. Agar finansial saat ini tetap terkendali, penting untuk dapat mengelola keuangan secara bijak termasuk membayar cicilan, utang atau tanggungan lain. Berikut langkah tepat untuk membaya utang agar keuangan tetap terkelola dengan baik, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mengecek Kembali Banyaknya Utang
Anda harus mengetahui berapa jumlah utang yang harus dibayar. Berapa lama utang tersebut menjadi tanggungan? Sebab, kondisi keuangan dan kehidupan bisa berubah sewaktu-waktu, terutama di masa sulit seperti ini, sehingga solusinya tidak dapat disamaratakan namun bisa disesuaikan.

2. Buat Prioritas
Prioritaskan membayar utang yang jatuh temponya paling cepat untuk meminimalisir konsekuensi yang harus Anda bayar jika telat bayar atau menunggak. Jika ada kebutuhan yang pos (jumlah) nya bisa dikurangi atau ditunda, gunakan uang tersebut untuk membayar utang.
 
Jika terkena PHK, hitung uang pesangon dan dana darurat yang sudah Anda kumpulkan. Sampai kapan Anda bisa bertahan dengan dana yang ada saat ini? Hal ini penting untuk menentukan langkah apa yang perlu Anda tempuh agar utang tetap bisa dibayar dan kebutuhan lain bisa terpenuhi.

3. Cari Penghasilan Tambahan
Agar bisa bertahan di tengah masa yang penuh dengan ketidakpastian ini, cari peluang sebanyak-banyaknya untuk menambah penghasilan. Anda bisa memulai dengan berjualan baju-baju yang jarang Anda kenakan dan masih layak pakai, makanan, hingga mencari pekerjaan sampingan sesuai dengan keahlian. Jangan malu untuk mempromosikan dagangan atau jasa yang Anda jual. Sekecil apapun pendapatan akan sangat bermanfaat jika Anda bijak dalam mengelolanya.
 

Share this article?

MUST SEE