CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Fintech ini Bantu Ringankan Beban Mahasiswa

By Isny Dewi R

28 September 2020

CICIL hadir untuk dapat membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan kuliahnya melalui program cicilan.

Photo source: Pexels
 

Problema yang umumnya dihadapi mahasiswa tak lepas dari biaya kuliah hingga peralatan yang dibutuhkan seperti laptop. Melihat permasalahan tersebut, CICIL hadir untuk dapat membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan kuliahnya melalui program cicilan.
 
Edward Widjonarko CEO & Co-Founder CICIL dalam konferensi pers “Empat Tahun #LebihPercaya” beberapa waktu lalu menjelaskan CICIL merupakan sebuah perusahaan Fintech yang sudah menyalurkan bantuan kepada 16 ribu mahasiswa Indonesia dengan dana mencapai Rp 170 miliar selama empat tahun terakhir.
 
Lantas apa saja yang bisa diajukan oleh mahasiswa untuk program cicilan tersebut?
 
"Bervariasi ada yang untuk biaya kuliah, laptop, atau misalnya produk Android di bawah Rp 3 juta, hard disk, WiFi. Jadi memang selalu di cek dulu," ungkap Edward.
 
Prosesnya pun cukup mudah, mahasiswa harus mengisi formulir penjamin, kemudian formulir pendidikan, data diri seperti KTP, KTM , KK dan juga tagihan per semester. Proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 hari. Meski demikian, mahasiswa juga harus mendapatkan verifikasi mulai dari Dukcapil, Ristekdisti dan pengamatan dari lokasi atau keberadaan mahasiswa apakah sesuai dengan yang diajukan.
 
"Lalu ada analisa dari segi kemampuan pembayaran, apakah membayar pulsanya dengan tepat waktu nah toko provider ini memberikan kami score. Dicek juga latar belakang orang tua, adakah pekerja sampingan. Ketiga juga dari segi karakter karena ada yang bisa bayar tapi tidak mau bayar," tambahnya.
 
Selain itu, sebagai fintech yang terdaftar di OJK, CICIL juga dapat mengetahui apakah mahasiswa sudah mendapatkan pinjaman dari fintech lain. Ini bertujuan untuk mencegah potensi ‘gali lubang tutup lubang’.
 
Website: www.cicil.co.id

Share this article?

Place/Address:

CICIL

MUST SEE