CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Coworking Space, Mini Market dan Cafe jadi Satu di sini

By Isny Dewi R

15 July 2020

Alfa X merupakan kombinasi antara coworking space, tempat kongkow, sekaligus mini market.

Photo source: Instagram @alfax.id
 
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan mini market Alfamart. Tapi tahukah Anda kalau Alfamart ternyata punya coworking space yang bisa disewa siapa saja? Ya, sejak akhir tahun lalu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membuka sebuah creative space bernama Alfa X, yang cocok untuk anak muda yang aktif dan kreatif.
 
Alfa X sendiri merupakan kombinasi antara coworking space, tempat kongkow, sekaligus mini market. Saat ini, baru ada tiga store Alfa X yaitu Alfa X S Parman Grogol, Alfa X Arjuna Kebon Jeruk, dan Alfa X Akses UI Depok. Mengingat lokasinya yang dekat dengan kampus, membuat tempat ini sangat digandrungi mahasiswa.
 
Photo source: Twitter @AlfaXId
 
Dilansir dari kontan.co.id, Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan perkembangan riteler sudah semakin pesat termasuk soal persaingan. Masyarakat mungkin masih ingat nasib gerai Seven Eleven yang kini tak lagi beroperasi di Indonesia.
 
"Waktu itu, orang beli hanya minuman tetapi nongkrongnya kelamaan," kata dia, kepada kontan.co.id, Senin (29/6). Berangkat dari persoalan itu, Solihin tak ingin Alfa X bernasib serupa. Karena itulah Alfa X hadir dengan konsep berbayar. "Kalau mau ke sana harus pesan dulu ruangan, tapi terjangkau hanya Rp 500.000 untuk lima orang, itu paket sudah dapat makan dan minum," tambah dia.
 

Photo source: Instagram @alfax.id
 
Adapun Alfa X memiliki luas sekitar 400 meter persegi dengan dilengkapi beberapa coworking space dengan kapasitas lima sampai sepuluh orang. Solihin mengatakan, karena saat ini sedang berlangsung fase New Normal, maka Alfa X juga turut menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Sehingga untuk saat ini hanya bisa diisi 50% dari kapasitas.
 
Menurut Solihin, konsep Alfa X tidak untuk diwaralabakan. AMRT masih akan berinvestasi sendiri dan terus mengevaluasi bisnis baru mereka tersebut.

Share this article?

MUST SEE