CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Detoks Tubuh secara Alami dengan 5 Makanan ini

By Isny Dewi R

08 October 2020

Anda bisa melakukan detoks secara alami dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Photo source: Pixabay
 
 
Pada dasarnya, tubuh manusia sudah dirancang untuk melakukan detoksifikasi (proses pembuangan racun dan zat sisa) secara alami. Organ tubuh kita seperti hati, ginjal, usus besar, dan kulit secara otomatis akan membuang racun dan zat sisa dalam tubuh. Meski demikian, tak ada salahnya jika Anda ingin melakukan detoks tambahan secara alami. Hal itu bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan berikut ini, dilansir dari Hellosehat.com.

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan berbagai vitamin dan mineral, sehingga baik bagi tubuh, termasuk dalam hal detoksifikasi. Menurut Josh Axe, pendiri Ancient Nutrition, hati dapat mendetoks racun secara optimal, salah satunya dengan cara memadukan berbagai rasa dalam makanan sehari-hari yaitu asam, manis, asin, dan pahit. Cara ini akan menghasilkan keseimbangan rasa yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.
 
Berbeda dengan rasa manis, asin, dan asam yang umumnya mudah ditemukan pada makanan. Untuk rasa pahit, Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi selada, sawi, pare, dan brokoli.
 
2. Teh Hijau
Teh hijau juga tidak kalah ampuh dalam membuang racun di dalam tubuh. Jenis teh ini mengandung antioksidan dan kafein sehingga memiliki efek diuretik, yang dapat membantu mempercepat pembentukan urin guna membuang kotoran-kotoran agar tidak bersarang di dalam tubuh.
 
3. Nanas
Nanas merupakan salah satu buah tropis dengan rasa manis asam yang segar. Selain memiliki rasa yang cukup enak serta mudah disajikan dalam berbagai jenis makanan dan minuman, buah ini juga dikenal mengandung vitamin C yang cukup tinggi.
 
Tidak hanya itu, nanas juga memiliki enzim pencernaan baik yakni bromelain, yang dapat membantu meredakan masalah perut, melancarkan proses pencernaan, sekaligus membantu membersihkan usus besar. Karena itulah, nanas juga dipercaya sebagai makanan yang dapat mendetoks tubuh.
 
4. Rumput Laut
Rumput laut adalah makanan yang kaya akan nutrisi, mengandung antioksidan tinggi, dan berbagai senyawa penting yaitu polifenol dan fucoxanthin. Rumput laut juga diyakini dapat membantu proses detoksifikasi dalam darah dan ginjal karena bersifat diuretik dengan cara membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin.
 
5. Salad
Salad yang terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti selada, bayam, atau kol juga dapat dijadikan sebagai alternatif makanan untuk mendetoks tubuh secara alami. Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa mengganti saus salad (salad dressing) dengan minyak zaitun atau perasan lemon. Namun, jika Anda memiliki masalah pada lambung, sebaiknya hindari mengonsumsi lemon.

Share this article?

MUST SEE