CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

#dirumahaja Tapi Tetap Boros? Ini Penyebabnya

By Eskanisa R

04 November 2020

Hal sepele yang membuat pengeluaran membengkak tanpa Anda sadari.

Sumber foto: Adobe Stock
 
Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi, namun pengeluaran tetap saja besar? Ada banyak sekali hal yang sebenarnya menyebabkan uang Anda cepat habis meski tidak keluar rumah seperti yang tertera di bawah ini.

1. Malas Memasak
Dengan alasan praktis dan hemat waktu, Anda mungkin lebih memilih memesan makanan lewat aplikasi pesan antar ketimbang masak sendiri di rumah. Padahal, kecanduan pesan makanan secara online menjadi alasan utama membengkaknya pengeluaran meski #dirumahaja.
 
Padahal, dengan memasak sendiri jadi pilihan bijak untuk menghemat. Di samping itu, memasak makanan sendiri juga lebih sehat dan dapat membantu Anda mengurangi stres selama pandemi.

2. Belanja Online
Tidak dapat dipungkiri jika segala kemudahan dan promo menarik yang diberikan oleh banyak situs belanja online membuat kita tergiur.
 
Sayangnya, kebiasaan ini juga bisa mendatangkan masalah keuangan. Saking asyiknya melihat-lihat produk di situs belanja online, membuat Anda tergiur lalu membelinya, hingga tidak sadar sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang yang terkadang justru tidak begitu dibutuhkan.

3. Penggunaan
Listrik Meningkat
Selama bekerja di rumah, Anda memang tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah konsumsi listrik di rumah justru meningkat dari biasanya.
 
Namun, Anda masih bisa mengatasi masalah ini dengan cara, membatasi penggunaan elektronik yang sekiranya tidak diperlukan. Seperti mematikan lampu jika ruangan tidak digunakan atau sudah cukup terang karena sinar matahari, membatasi penggunaan AC dan menggantinya dengan membuka jendela atau pintu untuk pertukaran udara, hingga membuat jadwal cuci pakaian untuk menghindari penggunaan mesin cuci setiap hari.

Share this article?

MUST SEE