CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Fakta Menarik Film Guru-Guru Gokil yang Tayang di Netflix

By Isny Dewi R

27 August 2020

Film Guru-Guru Gokil resmi tayang di Netflix sejak 17 Agustus 2020.

Photo source: Instagram @netflixid
 
Film Netflix orisinal Indonesia, Guru-Guru Gokil sudah tayang di platform streaming digital tersebut sejak 17 Agustus 2020 lalu.
 
Film ini bercerita tentang Taat (Gading Marten), seorang guru yang berambisi sukses. Tapi sayangnya, ia sering mengalami kegagalan. Bagi Taat, kesuksesan itu sama dengan memiliki banyak uang. Namun, keadaan membuat Taat harus menjadi guru pengganti di sebuah sekolah. Di saat yang sama, di sekolah tersebut terjadi insiden yang menimpa para guru. Kejadian tersebut lah yang mengubah pandangan Taat terhadap uang, kesuksesan, dan dedikasi guru.
 
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tiga fakta menarik tentang film Guru-Guru Gokil yang harus Anda tahu:
 
1. Debut Dian Sastro Menjadi Produser
Dalam film Guru-Guru Gokil, aktris berbakat Dian Sastrowardoyo ternyata tak hanya menjadi salah satu pemeran, ia juga merangkap tugas sebagai produser. Ya, film ini menjadi debut Dian Sastro menjadi produser.
 
Melansir Kompas.com, menurut Dian Sastro, menjadi produser sebuah film mengajarkan banyak pengalaman berharga. Jika sebagai pemain, dirinya lebih banyak terlibat dalam proses kreatif, lain halnya saat menjadi produser. Dian harus berhadapan dengan produser lain dan juga investor.
 
"Siapa juga yang mau beli barangnya. Ibaratnya gimana caranya pengetahuan kita tentang film ini harus matang. Product knowledge kita harus matang. Terus kita harus punya selling point, 'Kenapa sih filmnya? Uniknya apa?' Jadi harus menguasai banget," kata Dian Sastro, dikutip dari Kompas.com.
 
2. Gading Marten jadi Pemeran Utama
Aktor Gading Marten didapuk menjadi pemeran utama dalam film Guru-Guru Gokil. Ia berperan sebagai Taat Pribadi, seorang pria yang gagal menjadi MC. Taat mengalami depresi atas kegagalannya. Ia lalu memutuskan untuk alih profesi menjadi seorang guru pengganti.
 

Photo source: Instagram @netflixid
 
"Dia mencoba dunia entertaiment, tapi akhirnya engggak berhasil. Hingga akhirnya stres lah dia, depresi segala macam," ucap Gading Marten. "Dan di saat itu Taat menemukan satu peluang untuk kembali hidup lagi menjadi guru pengganti. Jadi mulai lah di situ perjalanannya Taat," sambungnya, dikutip dari Kompas.com.
 
3. Tayang di Netflix
Guru-Guru Gokil awalnya direncanakan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada April 2020 lalu. Namun, pandemi Covid-19 mengharuskan jaringan bioskop ditutup sementara dan menyebabkan film ini gagal tayang sesuai dengan waktu yang direncanakan.
 
Hingga akhirnya, pihak Guru-Guru Gokil memutuskan untuk beralih ke platform streaming digital, yaitu Netflix. Akhirnya, film tersebut dapat tayang pada tanggal 17 Agustus 2020. Film ini resmi dipinang Netflix untuk menjadi film orisinal mereka dan ditayangkan secara eksklusif di 190 negara dengan 17 alih bahasa.

Share this article?

MUST SEE