CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Fitur Baru di WhatsApp, Bisa Kirim Pesan Sementara

By Isny Dewi R

17 November 2020

WhatsApp menambahkan fitur pesan sementara, di mana pengguna dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis setelah tujuh hari.

Photo source: Pexels
 
 
Aplikasi pesan instan WhatsApp, belum lama ini menambahkan fitur baru, yakni fitur pesan sementara. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis. Setelah mengaktifkan fitur pesan sementara, pesan baru yang Anda kirim akan hilang setelah tujuh hari. Fitur ini akan mengendalikan semua pesan di chat, namun tidak akan memengaruhi pesan lama yang dikirim sebelum fitur pesan sementara diaktifkan.
 
Pada personal chat, salah seorang pengguna dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara. Sementara pada group chat, hanya admin grup yang dapat mengaktifkan atau mematikan fitur pesan sementara.
 
Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama tujuh hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin tetap akan ditampilkan di notifikasi sampai aplikasi WhatsApp dibuka.
 
Ketika Anda ingin membalas pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah tujuh hari. Jika pesan sementara diteruskan ke pengguna yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tersebut tidak akan hilang pada chat yang diteruskan.
 
Jika pengguna ingin mencadangkan pesan sebelum pesan tersebut menghilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Namun, pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.
 
Adapun untuk media pada fitur pesan sementara secara default akan diunduh secara otomatis ke ponsel Anda. Jika fitur pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di chat akan hilang tetapi akan disimpan pada telepon jika unduh otomatis menyala.
 
Cara mengaktifkan fitur pesan sementara
- Buka chat
- Ketuk nama kontak
- Ketuk pesan sementara
- Jika diminta, ketuk Lanjutkan
- Pilih On

Share this article?

MUST SEE