CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Gemar Berkebun? Pilih Tanaman Apotek Hidup dengan Segudang Manfaat Ini

By Eskanisa R

08 September 2020

Cara menanamnya juga mudah, loh.

Sumber foto: Pixabay

Berkebun menjadi hobi baru di selama pandemi? Tanaman apa saja yang sudah pernah Anda tanam? Sayuran hidroponik? Sayuran Organik? Tanaman hias? Bagaimana dengan tanaman apotek hidup?
 
Melansir Siloam Hospitals, apotek hidup bisa diartikan sebagai berbagai jenis tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan atau dengan kata lain bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain bermanfaat bagi kesehatan, berikut jenis apotek hidup yang bisa menjadikan pemandangan sekitar rumah lebih asri.

1. Lidah Buaya
Tanaman herbal yang juga dikenal dengan nama Aloe vera ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari obat luka bakar, masker rambut untuk mengurangi kerontokan hingga bagus untuk pencernaan. Cara menanamnya pun terbilang mudah. Pertama isi pot dengan tanah khusus untuk menanam kaktus. Kedua, potong anakan yang masih memiliki akar dan menempel dengan induk. Ketiga letakkan anakan lidah buaya ddalam pot yang sudah disiapkan. Pastikan potnya memiliki lubang pembuangan yang cukup besar agar alur air keluar (saat disiram) tidak terhalang. Jika pembuangannya tidak baik sehingga tanahnya terlalu basah, kemungkinan akar lidah buaya akan busuk dan mati.

2. Sirih
Selain berguna untuk menghijaukan tembok, tanaman sirih juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan seperti menghentikan pendarahan, menyembuhkan luka bakar, menghilangkan kuman, menetralkan racun dalam tubuh karena memiliki sifat anti jamur sekaligus antioksidan hingga mengobati batuk.

3. Kumis Kucing
Tanaman yang tingginya bisa mencapai dua meter ini dinamakan kumis kucing karena ukuran benangsari panjang menyerupai kumis pada kucing. Berkat senyawa flavonoid yang terkandung dalam daunnya, tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati alergi, infeksi atau kondisi peradangan tertentu. Selain itu, kumis kucing juga bisa mengurangi penumpukan cairan tubuh melalui urin (jika dikombinasikan dengan meniran), obat encok, mengatasi kolesterol dan hipertensi (jika dikombinasikan dengan daun salam dan seledri).
 
Jika Anda memutuskan untuk menanam tanaman tersebut, rawat dengan benar termasuk tidak menggunakan bahan kimia atau pestisida berbahaya lainnya agar ketika dikonsumsi tidak membahayakan tubuh.
 

Share this article?

MUST SEE