CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Google Bantu Pebisnis Kecil Lewat Google Merchant Center

By Isny Dewi R

12 Des 2019

Google berencana memperbanyak hasil pencarian di tab Shopping dengan mengikut sertakan pebisnis kecil.

Anda mungkin sudah sering melihat tab Shopping di laman Google saat sedang mencari informasi sebuah barang atau produk. Kehadiran tab tersebut memang bertujuan untuk mempermudah orang-orang dalam mencari tahu atau membandingkan harga suatu barang yang ingin mereka beli atau sekadar ingin tahu saja.

Biasanya, hasil pencarian teratas akan didominasi oleh produk-produk yang dijual di situs-situs e-commerce. Oleh karena itu, Google berencana memperbanyak hasil pencarian di tab Shopping dengan mengikut sertakan pebisnis kecil. Bahkan, Google berjanji, para pebisnis kecil bisa menjajakan produk mereka secara gratis di Google Shopping.

Para penjual tidak perlu repot-repot mendaftarkan usaha mereka ke Google. Cukup mendaftarkan produk yang akan dijual ke Merchant Center di sini, situs khusus penjual. Kemudian unggah foto produk dan informasi terkait. Penjual hanya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan di dalamnya.

Tak hanya itu, Google juga akan menggandeng para pebisnis kecil yang telah terdaftar di Google Bisnisku. Toko luring (offline) mereka nantinya akan muncul di peta Google Shopping, sehingga pengguna Google yang sedang mencari toko offline untuk membeli suatu barang atau produk bisa menemukan letak toko mereka. Para pemilik bisnis kecil cukup memasukkan informasi bisnis dan produk melalui akun Google Bisnisku secara gratis.

Google berharap, bisnis yang masih mengandalkan gerai luring dapat memperluas pemasarannya melalui platform online. Google Shopping juga akan menghadirkan hasil pencarian produk yang lebih relevan ke para pengguna saat melakukan pencarian. Meski sebenarnya sudah lama diluncurkan, Google baru memperkenalkan fitur ini secara resmi pada bulan November lalu dengan beberapa tambahan fitur baru.

Share this article?

MUST SEE