CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Google Bantu Proses Belajar dari Rumah dengan G Suite for Education

By Isny Dewi R

13 Apr 2020

Google bantu para siswa dan guru di Indonesia agar tetap dapat melangsungkan kegiatan belajar-mengajar dari rumah melalui G Suite for Education yang bisa.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia turut berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Pemerintah membuat kebijakan belajar di rumah bagi para siswa di seluruh Indonesia sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona.

Melihat kondisi ini, Google pun berkomitmen untuk membantu para siswa dan guru di Indonesia agar tetap dapat melangsungkan kegiatan belajar-mengajar meski diminta untuk #dirumahaja, melalui G Suite for Education yang bisa diakses secara gratis dari Google.

Melalui G Suite for Education, para siswa dapat terus belajar di manapun mereka berada meski akses internet sedang lambat atau tidak tersedia. Pihak sekolah juga dapat menggunakan Hangouts Meet, aplikasi konferensi video yang dapat digunakan oleh para pengguna G Suite, dan Google Classroom, sehingga para siswa tetap dapat mengikuti kelas dan belajar dari rumah.

Google juga menawarkan promo Hangouts Meet secara gratis hingga 1 Juli 2020 dengan fitur-fitur mumpuni seperti kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton dalam suatu domain, serta bisa digunakan untuk menggelar pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas yang bisa direkam dan disimpan di layanan penyimpanan cloud Google Drive.

Selain itu, para siswa dan guru juga dapat menggunakan Google Form untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah. Aplikasi Google Form dapat digunakan para guru untuk menyiapkan materi pembelajaran untuk dibagikan ke siswa-siswanya.

Tak hanya materi pembelajaran, melalui Google Form, para guru juga dapat membagikan video untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran, serta lembar kerja yang dapat membantu siswa melakukan pembelajaran aktif.

Dengan Google Form, para guru juga dapat memberikan tugas berisi soal-soal yang harus dikerjakan. Jika tugas tersebut sudah selesai dikerjakan, para siswa dapat langsung mengunggah tugas mereka melalui Google Classroom yang nantinya dapat dinilai oleh guru. Informasi selengkapnya mengenai Google G Suite for Education bisa Anda dapatkan di tautan ini.

Share this article?

Place/Address:

Google Bantu Proses Belajar dari Rumah dengan G Suite for Education

Open Hours:

-

More Information:

MUST SEE