CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Hal Ini yang Wajib dilakukan saat Social Distancing di Tempat Umum

By Eskanisa R

26 March 2020

Tips sederhana menerapkan social distancing di tempat umum.

Meningkatnya jumlah pasien positif COVID-19, social distancing-pun digaungkan oleh berbagai kalangan, mulai dari selebritas hingga pemerintah. Social distancing atau pembatasan sosial merupakan salah satu langkah pencegahan yang menganjurkan seseorang untuk menjaga jarak dengan orang lain di sekitarnya, tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain, sekaligus membatasi kunjungan ke tempat-tempat ramai.

Dengan menerapkan social distancing, diharapkan jumlah orang yang terinfeksi tidak mengalami lonjakan. Lantas, apa saja yang wajib dilakukan saat social distancing di tempat umum?

1. Jaga Jarak

Jika memungkinkan, jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain di mana pun Anda beraada. Pakai masker, jaket atau sweater, dan kacamata untuk melindungi diri selama berada di luar ruangan. Usahakan agar tangan tidak menyentuh wajah terutama mata, hidung, dan mulut, sebelum Anda mencuci tangan atau setidaknya menggunakan hand sanitizer.

2. Bawa Makanan Pulang ke Rumah

Sangat disarankan selama masa social distancing untuk tidak mengonsumsi makanan di tempat umum. Anda bisa memanfaatkan layanan drive-through atau pesan antar. Jika terpaksa membeli makanan di luar, segera mencuci tangan sebelum mengonsumsi makanan yang Anda beli. Saat membeli makanan, pilih makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh seperti sayur dan buah. Usahakan untuk tidak mengunjungi toko makanan saat jam sibuk. 

3. Praktikan Etika Batuk dan Bersin

Jika Anda sedang flu dan harus pergi ke luar, usahakan untuk menggunakan masker. Namun, jika tidak ada,  Anda wajib menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau lengan baju dalam (siku). Hal ini bertujuan agar virusnya tidak menyebar ke orang lain. Segera buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 15 – 30 detik.

 

 

Share this article?

MUST SEE