CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Aplikasi Kencan

By Eskanisa R

14 October 2020

Bijak menggunakan aplikasi kencan untuk menghindari gangguan.

Sumber foto: Pixabay
 
Beberapa waktu belakangan aplikasi kencan atau dating app tengah digandrungi banyak orang. Ada banyak alasan yang melatarbelakanginya, termasuk keterbatasan bersosialisasi di masa seperti ini.
 
Dari aplikasi tersebut, Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru yang mungkin memiliki hobi atau minat sama. Ada yang melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, ada pula yang hanya ingin berteman. Namun, di balik itu semua, ada bahaya yang mengintai jika Anda tidak menggunakannya dengan cermat. Agar tetap aman saat menggunakan aplikasi kencan, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Jangan Mudah Percaya
Siapa yang tidak senang jika dapat berbincang dengan seseorang yang memiliki ketertarikan sama dengan Anda? Meski saat berkomunikasi dirasa sangat menyenangkan, jangan mudah percaya. Terlebih saat teman kencan Anda memperlihatkan perilaku aneh seperti menanyakan alamat rumah atau bahkan sampai meminjam sejumlah uang. Hindari memberikan informasi pribadi termasuk alamat rumah, kantor, atau kampus sebelum mengenal baik teman kencan daring Anda.

2. Berani Menolak
Jika Anda ragu untuk memberikan nomor telepon untuk berkomunikasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk menolak dan berkata tidak. Percaya insting Anda. Sebab, Anda masih bisa berkomunikasi dengan teman kencan daring menggunakan fitur yang disediakan oleh aplikasi kencan daring tersebut untuk mengenal lebih jauh tanpa memberikan informasi pribadi.

3. Hindari Berkirim Foto atau Video
Jika Anda belum kenal betul teman kencan Anda, jangan pernah mengirimkan foto atau video yang bersifat pribadi. Jangan sampai terlena jika bertemu orang baru yang dirasa asyik, namun Anda sendiri masih belum benar-benar mengenal pribadi aslinya.

Share this article?

MUST SEE