CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Hindari 3 Hal Sepele Ini yang dapat Merusak Bisnis Anda

By Eskanisa R

28 Jan 2020

Agar bisnis sukses, hindari tiga kesalahan ini dalam berbisnis.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis yang tengah dijalani, salah satunya cara pemimpin mengelola perusahaannya. Setiap orang bisa saja terus-menerus menelurkan ide-ide kreatif nan inovatif, namun jika tiga hal sepele di bawah ini tidak dapat dihindari, tidak menutup kemungkinan bisnis yang sedang dijalani akan kandas di tengah jalan.

1. Kurang Fleksibel

Nyatanya, kemampuan untuk menerima saran dan ide dari setiap orang yang terlibat dalam bisnis Anda sangat penting dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama berbisnis. Jika Anda terlalu kaku, kurang fleksibel dalam mencerna saran dan ide, termasuk mengambil keputusan, hal tersebut akan mempengaruhi bisnis Anda. Pasalnya, Anda cenderung membatasi pilihan dalam mengambil keputusan. Padahal sangat dibutuhkan fleksibilitas guna menemukan solusi kreatif dan efektif dalam menghadapi situasi yang tidak diduga-duga.

2. Terlalu Banyak Mengeluh

Sebenarnya sah-sah saja untuk mengeluh, namun jika berlebihan, orang akan menganggap Anda sebagai pemimpin yang pesimis. Secara tidak langsung, saat Anda mengeluh, Anda menjatuhkan semangat orang lain dan membuat mereka jadi tidak produktif. Jangan biarkan sedikit kesalahan atau kerugian membuat Anda tidak bersyukur dan banyak mengeluh.

3. Tidak Konsisten

Konsistensi dibutuhkan dalam segala hal, termasuk saat Anda dituntut untuk dapat mengembangkan sekaligus menjalankan bisnis. Konsistensi penting dilakukan untuk meninggalkan identitas atau ciri khas, yang akan membuat produk Anda berbeda dari lainnya. Fokus pada ciri khas, hal unik yang bisnis Anda miliki, dengan begitu calon konsumen atau klien tidak ragu memilih produk yang Anda tawarkan.

 

 

Share this article?

MUST SEE