CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Hobi Memasak? Ini Pilihan Minyak Sehat untuk Menggoreng

By Eskanisa R

21 September 2020

Masakan jadi lebih sehat dengan minyak ini.

Sumber foto: Pixabay
 
Siapa yang menjadikan masak sebagai hobi baru selama pandemi? Dalam memasak, minyak merupakan salah satu bahan utama yang pasti digunakan, baik untuk menumis, menggoreng atau bahkan deep-fried.
 
Hampir semua jenis minyak untuk memasak yang Anda jumpai saat berbelanja merupakan minyak nabati, yakni minyak yang diekstrak dari berbagai tumbuhan seperti sawit, jagung, kelapa, kacang, hingga zaitun.
 
Yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli minyak adalah titik asap. Melansir Huffington Post, minyak murni memiliki titik asap (proses terurainya minyak pada suhu tertentu) yang lebih rendah dari minyak sulingan.
 
Minyak murni baik digunakan untuk salad karena rasanya yang lebih kuat, sementara minyak sulingan dengan titik asap lebih tinggi baik untuk menggoreng atau menumis karena rasanya lebih netral. Berikut jenis minyak yang lebih sehat untuk memasak, dilansir dari berbagai sumber.

1. Minyak Bunga Matahari
Terbuat dari proses penekanan biji bunga matahari, minyak satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, rendah lemak jenuh, kaya Omega-3 dan Omega-6. Vitamin E mengandung banyak manfaat untuk kecantikan seperti melembapkan kulit, mencegah penuaan, melawan jerawat dan memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.
 
Karena tidak mudah bereaksi dengan panas (memiliki titik asap yang tinggi dan rasa ringan), minyak bunga matahari cocok untuk memanggang, menggoreng, menumis dan bahan untuk membuat kue.

2. Minyak Canola
Minyak nabati yang berasal dari tanaman Canola ini memiliki kandungan lemak tak jenuh cukup tinggi sehingga lebih sehat untuk memasak dengan catatan tidak melebihi titik asapnya yakni 200 derajat Celcius.
 
Selain itu, kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak canola cukup efektif untuk mencegah sekaligus menurunkan risiko kanker.

3. Minyak Wijen
Minyak yang sering kali digunakan untuk meningkatkan aroma dan cita rasa masakan ini juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak wijen mengandung protein, magnesium, vitamin B, vitamin E, asam folat dan antioksidan cukup tinggi yang membantu kondisi arthritis (peradangan sendiri), menjaga kesehatan tulang dan kulit, melindungi dari paparan sinar matahari dan menjadikan rambut lebih berkilau.
 
Selain digunakan untuk menumis masakan, Anda juga bisa menggunakan minyak wijen untuk menghilangkan bau amis pada daging dan mencegah mi atau pasta agar tidak lengket sekaligus menjadikannya lebih kenyal.
 

Share this article?

MUST SEE