CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Ide Aktivitas Seru untuk Isi Liburan di Rumah Bersama Anak

By Isny Dewi R

29 December 2020

Ide aktivitas yang bisa Anda coba bersama sang buah hati agar libur akhir tahun 2020 di rumah tetap menyenangkan.

Photo source: Pexels
 
 
Musim libur akhir tahun sudah tiba. Libur akhir tahun kali ini memang berbeda karena adanya Pandemi COVID-19, di mana kita diminta untuk tetap #dirumahaja demi mencegah terjadinya penularan virus Corona. Meski hanya di rumah, bukan berarti tidak ada aktivitas yang bisa Anda lakukan selama libur. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat ide aktivitas yang bisa Anda coba bersama sang buah hati agar libur akhir tahun 2020 di rumah tetap menyenangkan.
 
1. Menggambar atau Melukis
Anak biasanya sangat menyukai kegiatan satu ini, karena mereka bisa berkreasi dengan gambar dan warna. Cukup sediakan kertas atau kain putih, alat mewarnai baik pensil warna, krayon, spidol, atau cat air. Ajak si kecil untuk menggambar apa pun yang mereka mau di media yang sudah disediakan. Hal ini dapat mendorong kreativitas dan imajinasi anak sekaligus memperkenalkan mereka pada warna-warna.
 
Jika sudah selesai, minta ia untuk menceritakan tentang gambar yang ia buat. Misalnya, tanyakan apa yang ia gambar? Kenapa memilih objek tersebut? Mengapa memilih warna-warna tersebut? dan sebagainya. Ini dapat melatih buah hati Anda untuk pandai berbicara, sekaligus mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas karya yang sudah mereka buat.
 
Tak perlu mempermasalahkan kelogisan dari gambar yang ia buat atau jawaban yang ia berikan. Karena yang terpenting adalah anak Anda dapat berkreasi dan ia pun tak jenuh di rumah.
 
2. Bermain Puzzle
Bermain puzzle atau gambar acak juga tak kalah menyenangkan, terutama untuk anak-anak. Permainan ini bisa membuat si kecil merasa penasaran dan tertarik untuk menyusun potongan gambar hingga tersusun rapi menjadi satu gambar yang jelas.
 
Melansir ABC News, selain merangsang otak anak untuk berpikir, bermain puzzle juga menyita fokus anak yang penasaran hingga gambar tersebut tersusun secara sempurna.
 
3. Menyaksikan Tayangan Edukasi
Kalau Anda ingin melakukan kegiatan yang lebih santai, Anda bisa mengajak si kecil menyaksikan tayangan edukasi yang sesuai dengan minatnya dan tentunya juga menghibur.
 
Melansir CHOC Children, jika anak Anda menyukai binatang, maka Anda bisa memberikan tontonan tentang binatang. Selain memberinya tontonan, Anda juga harus selalu mendampingi mereka saat sedang menonton, agar Anda bisa menjelaskan si kecil tentang tayangan yang mereka tonton, dan memberikan pemahaman yang tepat tentang tayangan tersebut.
 
4. Berkemah di Rumah
Jika sebelumnya Anda berencana berkemah bersama keluarga di tempat wisata dan terpaksa diurungkan karena pandemi, Anda bisa mengakalinya dengan berkemah di pekarangan. Jika tidak memungkinkan, berkemah di dalam rumah pun tak masalah.
 
Kalau ingin berkemah di luar rumah, Anda bisa menggunakan tenda kecil. Nah, kalau di dalam rumah, Anda bisa memanfaatkan kursi-kursi lalu ditutup dengan kain panjang sampai membentuk sebuah tenda di dalam rumah. Setelah itu, susun karpet, bantal, selimut, atau lainnya hingga menghasilkan suasana seperti sedang berkemah.
 
Meski dilakukan di rumah, kegiatan ini tetap terasa menyenangkan bagi anak-anak karena melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya mereka tidur di dalam kamar, kali ini mereka akan tidur di dalam tenda dengan suasana yang berbeda.

Share this article?

MUST SEE