CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Ide Ngabuburit Seru selama PSBB, Dijamin Ga Bosan!

By Eskanisa R

03 May 2020

Ide ngabuburit seru untuk mengusir rasa bosan selama karantina.

Memasuki pekan kedua Ramadan, kegiatan apa saja yang sudah Anda lakukan menjelang buka puasa atau ngabuburit. Meski tradisi ngabuburit menjelang berbuka puasa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana Anda tidak dapat bukber dengan teman, hingga tarawih di masjid, bukan berarti Anda tidak bisa ngabuburit selama PSBB. Berikut ide-ide seru untuk mengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka tiba.

1. Menonton Ceramah Online

Di saat seperti ini, Anda masih bisa memperdalam ilmu agama dengan mendengarkan ceramah dan kajian dari para pemuka agama secara daring. Bermodalkan ponsel dan kuota, Anda bisa mendengarkan beragam ceramah dan kajian melalui platform YouTube. Ada juga aplikasi khusus yang bisa Anda unduh secara gratis melalui Play Store seperti umma, Ceramah Islam, dan Kajian Islam untuk memperdalam ilmu agama selama Ramadan.

2. Belajar Melukis

Akhir-akhir ini di berbagai platform seperti TikTok, Twitter, dan Instagram, melukis menggunakan cat air atau yang disebut watercolour painting tengah naik daun. Sambil menunggu azan magrib, Anda bisa menjajal kegiatan menyenangkan satu ini.

Bahan yang diperlukan cukup sederhana, yakni cat, kuas, palet untuk mencampur cat, air untuk mengencerkan dan media bisa berupa kanvas, piringan CD yang sudah tidak digunakan, phone case, bahkan sepatu. Anda bisa menggambar sketsa dengan pensil terlebih dahulu atau langsung bereksperimen. Disarankan untuk mendiamkan hasil lukisan setidaknya 30 menit (tanpa disentuh atau digosok).

3. Menata Lemari Pakaian

Agar lemari pakaian Anda tidak beralih fungsi menjadi gudang yang menyimpan berbagai barang, Anda bisa mengisi waktu ngabuburit kali ini dengan menata lemari pakaian agar tidak berantakan. Berikut cara praktis yang bisa Anda terapkan:

Pertama-tama, keluarkan semua isi lemari dan lipat semua pakaian. Setelah semuanya dilipat rapi, kelompokkan dan letakkan pakaian berdasarkan jenis dan warna, seperti kaus, celana, jaket, dan lainnya. Kemudian dalam penyusunannya, perhatikan seberapa sering pakaian tersebut dikenakan. Pastikan yang paling sering dikenakan diletakkan di bagian paling atas tumpukan agar mudah diambil.

Untuk beberapa jenis dan bahan pakaian tertentu seperti jas, jaket, dress atau blus yang susah dilipat dan mudah kusut, Anda harus menggunakan gantungan pakaian untuk menjaganya agar tetap rapi dan tidak cepat melar.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/ 

Share this article?

MUST SEE