CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Ide Usaha Menguntungkan dengan Modal 5 Jutaan

By Eskanisa R

02 December 2020

Pemula bisa langsung menjajal usaha ini.

Sumber foto: Pixabay

Di masa sulit ini, hampir setiap orang bermimpi memiliki usaha dengan modal kecil agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. Kebanyakan, terhenti karena keterbatasan modal. Namun, bagi yang masih berkesempatan menjalani usaha sendiri dengan modal lima jutaan, berikut ide yang bisa menghasilkan untung.

1. Pakaian Bekas
Belakangan istilah thrifting ramai diperbincangkan warganet. Kegiatan berbelanja pakaian bekas layak pakai ternyata bermanfaat untuk mengurangi limbah produk (fesyen) sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Selain harga yang lebih murah dibanding baju baru, kini masyarakat semakin sadar akan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.
 
Jika Anda tertarik menekuni bisnis ini, Anda harus mengetahui kondisi baju-baju bekas yang akan dijual. Jauh lebih baik jika baju-baju tersebut masih layak pakai, warnanya masih menarik, dan bisa dikenakan hingga tiga tahun ke depan.
 
Pastikan baju-baju yang dijual sudah dicuci bersih dan disetrika terlebih dahulu. Berikan harga yang sesuai, jangan sampai harganya tidak sebanding dengan kualitas barang. Selain itu, tulis kondisi barang secara detail untuk menjaga kepuasan pembeli. Terakhir, jangan lupa promosikan di media sosial dan e-commerce.

2. Buket Makanan Ringan
Buket yang sejak dahulu identik dengan bunga, kini memiliki variasi lain yang tak kalah menarik, makanan ringan. Usaha buket makanan ringan ini diminati oleh banyak orang untuk mendulang pundi-pundi rupiah tanpa harus mengeluarkan banyak modal.
 
Buket makanan ringan bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan pembeli. Biasanya, buket jenis ini dijadikan sebagai kado ulang tahun, kelulusan, wisuda, anniversary, hari ibu, dan momen spesial lain. Kreativitas merupakan kunci utama keberhasilan usaha satu ini. Ada banyak sekali tutorial yang menjelaskan cara membuat buket makanan ringan mulai dari yang paling sederhana hingga yang susunannya kompleks.
 
Pembungkus buket, warna, hiasan seperti pita dan kartu ucapan, merupakan komponen utama yang perlu diperhatikan. Selanjutnya, bahan lain seperti glue gun, selotip, lem kertas, karton, spidol juga diperlukan untuk melengkapi buket. Untuk memastikan usaha ini meraup keuntungan, jangan lupa melakukan promosi di berbagai media sosial. Selain itu, gaet lebih banyak pembeli dengan memberikan harga perkenalan.

3. Kemasan Makanan
Terakhir, usaha kemasan makanan ternyata tak kalah menguntungkan. Sebab, kemasan merupakan identitas sebuah produk. Selain memastikan isi (makanan) nya tidak terkontaminasi, kemasan yang unik bisa menarik perhatian pembeli.
 
Kemasan makanan yang umum digunakan ada tiga jenis, yakni kemasan food grade dan non-food grade, packing box (kardus mini), dan mika. Kemasan food grade menggunakan bahan baku yang tahan air dan minyak. Sementara kemasan non-food grade ditandai dengan warna abu-abu di bagian dalam, dan putih di bagian luar seperti karton putih yang diberi tambahan kertas atau plastik sebelum digunakan untuk mewadahi makanan.
 
 
 

Share this article?

MUST SEE