CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Indonesia International Book Fair 2020 Digelar Virtual

By Isny Dewi R

29 September 2020

IIBF 2020 virtual akan berlangsung selama 10 hari, hingga 7 Oktober 2020 mendatang melalui platform Shopee.

Photo source: Pixabay
 
 
Ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 resmi dibuka secara virtual, Senin (28/9/20). Acara ini menghadirkan 1 juta buku dengan 30 ribu judul, 150 3D virtual booth, serta 75 booktalk webinar yang akan diisi 120 narasumber dari dalam negeri maupun mancanegara. IIBF 2020 virtual akan berlangsung selama 10 hari, hingga 7 Oktober 2020 mendatang melalui platform Shopee.
 
"Edisi virtual ini mencoba untuk menghadirkan eksperimen festival yang 100 persen melalui gawai. Ternyata peluang baru yang tak dibatasi oleh jarak geografis ini adalah transformasi kedua kami, tak hanya untuk pencinta buku dari Jakarta tapi dari Aceh sampai Manado," tutur Ketua Panitia IIBF 2020 edisi virtual, Arys Hilman, saat pembukaan IIBF 2020 edisi virtual melalui Zoom, Senin (28/9/2020).
 
Ketua Umum IKAPI (Ikatan Penerbitan Indonesia), Rosidayati Rozalina, mengungkapkan meski penyelenggaran digelar secara virtual di tengah pandemi COVID-19, pihaknya tetap bersemangat.
 
"Edisi virtual ini punya kelebihan lain, yakni kita tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli buku. Sudah tersedia selama 24 jam. Kami harap jadi solusi bagi penerbit yang mengalami kemerosotan penjualan akibat pandemi, karena toko buku, kampus, atau kantornya tutup sementara waktu," ungkapnya.
 
Photo source: Instagram @indonesiainternationalbookfair
 
IIBF 2020 edisi virtual juga memberikan penghormatan terhadap tiga tokoh yang sudah sangat berjasa di bidang literasi. Mereka adalah sastrawan Sapardi Djoko Damono, Ajip Rosidi, dan pendiri Kompas Gramedia Group, Jakoeb Oetama.
 
Selain Indonesia, ada 10 negara lainnya yang turut berpartisipasi yaitu Malaysia, Thailand, Cina, Iran, India, Turki, Inggris, hingga Amerika Serikat. IIBF tahun ini merupakan pertama kalinya event ini digelar secata virtual.

Share this article?

MUST SEE