CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Ini Alasan Mengapa Sisi Kiri Wajah Terlihat Lebih Menarik Saat Swafoto

By Eskanisa R

09 January 2020

Alasan di balik sisi kiri wajah terlihat lebih menarik saat swafoto.

Apakah Anda termasuk orang yang senang swafoto? Jika ya, coba perhatikan hasil swafoto Anda! Sisi wajah sebelah mana yang paling sering Anda perlihatkan, kanan atau kiri? Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang dosen di bidang neuropsikologi eksperimental di La Trobe University, Melbourne, Annukka Lindell, pada ribuan hasil swafoto menunjukkan bahwa kebanyakan orang melakukan swaforo dengan memperlihatkan wajah sebelah kirinya. Mengapa demikian?

Dari 2.000 swafoto yang diamati oleh Lindell, 779 foto atau setara dengan 41 persen menampilkan sisi kiri wajah. Ia berpendapat bahwa kecenderungan melakukan pose yang sama berulang kali menunjukkan bahwa seseorang sadar sisi mana yang terlihat lebih menarik.

Penelitan terhadap fenomena left side bias ini menunjukan bahwa sisi wajah sebelah kiri dianggap lebih menarik karena berkaitan dengan emosi pada manusia. Sisi kiri wajah menunjukkan lebih banyak ekspresi terutama saat tersenyum. Hal ini disebabkan karena sisi kiri wajah merupakan tempat di mana otot khusus mampu mengirimkan emosi unik (tersenyum, merasa bahagia, dan lainnya). 

Hal tersebut didukung dengan adanya bukti sebanyak 60 persen lukisan yang dibuat sejak abad ke-14 menunjukkan sisi kiri wajah model termasuk Monalisa oleh Leonardo da Vinci. Jadi, sisi mana yang menjadi favorit Anda saat swafoto?

 

Share this article?

MUST SEE