CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Ini Alasan Utama Orang Takut Berinvestasi

By Eskanisa R

11 March 2020

Alasan utama mengapa banyak orang enggan berinvestasi.

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, investasi banyak sekali ragamnya. Sayangnya, hal tersebut tidak lantas membuat banyak orang tertarik untuk berinvestasi Mereka enggan berinvestasi karena berbagai alasan. Namun alasan yang paling utama adalah sebagai berikut.

1. Butuh Modal Besar

“Investasi membutuhkan modal besar,” banyak orang yang masih beranggapan seperti itu. Nyatanya, ada banyak sekali jenis investasi yang bahkan bisa dimulai dengan modal minim seperti Tokopedia Emas, cara baru investasi emas mudah dan terjangkau.

Setiap gram emas yang Anda beli melalui Tokopedia Emas akan dikonversikan menjadi bentuk fisik dan dititipkan di Pegadaian. Kelebihan dari Tokopedia Emas sendiri selain harganya terjangkau adalah Anda bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah yakni (minimum) Rp500 (Lima ratus rupiah).

2. Bunga Terlalu Kecil

Dari tahun ke tahun, nilai uang akan semakin kecil jika tidak diinvestasikan karena adanya inflasi. Anggapan bunga terlalu kecil tentu tidak dapat dibenarkan. Jika dilakukan secara konsisten dan sabar, sedikit demi sedikit, uang yang Anda investasikan akan membuahkan hasil.

Sebagai contoh, Anda memiliki uang Rp100.000, jika diinvestasikan nilainya kemungkinan bertambah menjadi Rp100.100, namun jika tidak diinvestasikan tetap Rp100.000. Jadi lebih baik diinvestasikan, bukan?

3. Bisa Kehilangan Uang

Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah ketika berbicara mengenai investasi, namun, bukan berarti tidak ada jalan keluar. Yang perlu Anda lakukan adalah jangan berinvestasi pada hal (instrumen) yang belum tentu berhasil. Kedua, sebelum mulai berinvestasi, Anda wajib menyiapkan dana darurat. Ketiga, jangan takut ambil risiko. Oleh sebab itu, pilih lah instrumen yang relatif aman seperti (tabungan) emas. Pelajari pula seluk beluk investasi yang Anda pilih.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/ 

 

Share this article?

MUST SEE