CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Ini Dia Makanan di Drama Korea yang Bikin Ngiler (Part II)

By Eskanisa R

18 June 2020

Satu lagi, deretan makanan di drama Korea yang sukses bikin penonton ngiler.

Sumber foto: Pixabay
 
Rasanya, minat terhadap drama Korea menjadi semakin menjadi-jadi selama karantina mandiri di rumah. Tidak hanya pemeran dan jalan ceritanya yang sangat diminati, makanan yang terselip di beberapa adegan pun berhasil membuat tergiur. Jika sempat membaca makanan di drama Korea yang bikin ngiler pada bagian pertama, kali ini Check In Jakarta akan merangkum beberapa makanan lagi yang tak kalah menggiurkan.

1. Kimbap

Sumber foto: Maangchi

Makanan khas Korea yang sekilas terlihat seperti Sushi ini terbuat dari nasi dengan berbagai pugasan yang digulung dengan rumput laut kering atau gim. Umumnya, Kimbap berisi wortel, mentimun, acar lobak kuning atau danmuji, dan telur dadar atau gyeran mari. Selain berbentuk bulat, adapula Kimbap berbentuk segitiga yang bisa dibeli di berbagai minimarket. Harganya yang relatif murah dan porsinya yang cukup mengenyangkan menjadikan Kimbap sebagai salah satu makanan populer di Korea.

2. Chicken
Sumber foto: Maangchi
 
Di Korea, umumnya, ayam goreng disajikan bersama bir, sehingga muncul istilah chimaek yang berasal dari kata chi atau ayam, dan maek/maekju yang berarti bir, serta disantap tanpa nasi. Selain rasa original yang disajikan tanpa tambahan saus, ada juga Yangnyeom Chicken yang dilapisi gochujang dengan rasa pedas sedikit manis, dan Huraideu Chicken dengan baluran saus kecap asin.

3. Korean BBQ

Sumber foto: Maangchi
 
Sebenarnya, Korean BBQ memiliki beberapa jenis, namun yang paling sering muncul di drama Korea adalah samgyeopsal atau daging perut babi dan galbi atau iga sapi. Terlepas dari jenis dagingnya, Korean BBQ biasanya disajikan dalam potongan tipis agar cepat matang saat dibakar. Kemudian disantap dengan teknik bernama ssam, yakni menggunakan daun selada atau daun perilla (daun wijen liar) sebagai ‘pembungkus’, ditambah potongan bawang putih dan cabai hijau, kimchi, dan ssamjang atau saus barbekyu dengan rasa pedas manis. Biasanya, bir, soju atau minuman bersoda dipilih untuk menghilangkan lemak dan minyak yang menempel di mulut. Duh, membayangkannya saja membuat ngiler, ya!
 
 

Share this article?

MUST SEE