CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Ini Dia Perbedaan Kelas di Kereta Api

By Isny Dewi R

27 December 2019

Perbedaan kelas-kelas penumpang di Kereta Api jarak jauh.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu kelas-kelas penumpang yang ada di Kereta Api (KA) jarak jauh. Bagi Anda yang belum tahu, setiap rangkaian kereta api dibagi menjadi dua hingga tiga kelas, yakni kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Tapi ternyata ada juga kelas baru, yakni kelas premium.

Masing-masing kelas memiliki fasilitas dan tarif yang berbeda tentunya, termasuk kapasitas penumpang. Berikut penjelasan mengenai perbedaan kelas penumpang di Kereta Api jarak jauh.

1. Kelas Ekonomi
Kelas ini merupakan kelas ketiga dengan kapasitas penumpang paling banyak, mulai dari 80 hingga 106 penumpang. Beberapa tahun belakangan, fasilitas yang tersedia di kelas ekonomi sudah banyak mengalami perubahan, mulai dari AC sentral, stop kontak, rak bagasi untuk menaruh barang, dan toilet.

Kelas ekonomi sekarang ini juga lebih nyaman dibanding kondisinya beberapa tahun lalu, karena pedagang asongan dan pengamen sudah dilarang masuk ke dalam kereta. Tempat duduk di kelas ekonomi saling berhadap-hadapan, ada yang 2-2 dan 3-3. Tarif untuk kelas KA jarak jauh ini juga ada yang sangat murah, mulai dari Rp 45.000.

2. Kelas Bisnis
Kelas kedua dalam KA jarak jauh ini memiliki fasilitas AC, TV, rak bagasi, rotary seat, toilet, dan stop kontak. Kelas ini berkapasitas penumpang hingga 64 orang. Tempat duduk di kelas bisnis tidak berhadap-hadapan, tapi ada juga yang bisa diatur berhadap-hadapan. Tarif termurah untuk kelas ini sekitar Rp 100 ribuan.

3. Kelas Eksekutif
Kelas ini merupakan kelas penumpang tertinggi dalam kereta api. Hal ini bisa dilihat dari harga tiketnya yang lebih mahal dibanding kelas lainnya. Adapun fasilitas yang tersedia di kelas eksekutif antara lain AC, TV, rak bagasi, tempat duduk yang tidak berhadapan, reclining seat, rotary seat (bangku bisa diputar), pijakan kaki, lampu baca, meja makan, toilet, dan stop kontak. Di beberapa rangkaian bahkan sudah dilengkapi WiFi. Kapasitas penumpang di kelas eksekutif hanya 50 penumpang.

4. Kelas Premium
Kelas ini merupakan kelas terbaru KA. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti AC, TV, tempat duduk yang tidak berhadapan, reclining seat, layar sentuh, lampu baca, stop kontak, dan toilet. Kelas ini memiliki kapasitas hingga 64 penumpang.

Top Photo Credit: Instagram @pilococo

Share this article?

MUST SEE