CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Ini Manfaat Berkebun di Rumah

By Isny Dewi R

17 August 2020

Berkebun di rumah dapat memberikan pengaruh positif bagi kesehatan mental.

Photo source: Pexels
 
 
Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, berkebun menjadi salah satu kegiatan favorit masyarakat yang banyak menghabiskan waktu di rumah. Menggunakan berbagai metode, berkebun tak hanya dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan sayuran, tapi juga dapat mempercantik rumah.
 
Melansir Detik.com, berkebun bahkan dapat memberikan pengaruh positif bagi kesehatan mental. Menurut psikolog Ratih Zulhaqqi, MPsi, berkebun bisa memberikan efek kepuasan tersendiri karena mendapatkan hasil dari yang ia tanam. Berkebun juga memberikan rasa bahagia bagi mereka yang melakukannya.
 
"Ada perasaan puas ketika melihat tanamannya tumbuh cepat dan bisa dikonsumsi. Jadi merasa tahu vitamin yang kita berikan ke tanamannya, lebih sehat. Terutama buat ibu-ibu bangga aja bisa melakukan itu. Karena durasi sayuran lebih cepat. Dua minggu saja sudah bisa panen. Jadi kalau secara psikologis mungkin ada perasaan bahagia ketika melakukan itu," ucap Ratih dikutip dari Detik Wolipop, Kamis (30/7/2020).
 
Dia menambahkan, berkebun di rumah juga dapat melepas stres atau rasa jenuh. "Selama #dirumahaja mau nggak mau orang tua harus mencari aktivitas yang tidak membosankan di rumah, salah satunya bercocok tanam. Jadi kayak menghijaukan. Aku sih senang aja di satu rumah banyak tanaman hijau-hijau segar. Dan itu ternyata bisa stress release atau pelepas stres lho!" sambung Ratih.
 
Bagi para orang tua, berkebun juga dapat dijadikan alternatif kegiatan bersama anak-anak mereka. Kegiatan ini bisa mengalihkan perhatian mereka yang lebih sering bermain gadget selama #dirumahaja.
 
"Pandemi ini kan #dirumahaja, terus ujung-ujungnya anak-anak jadi main gadget. Kalau diajak bercocok tanam mereka juga punya kegiatan baru yang lebih seru. Apalagi sekarang banyak banget yang jual peralatan tanaman khusus anak-anak, yang warnanya lucu-lucu. Jadi bisa bikin project keluarga, aktivitas di dalam keluarga jadi beragam," tambahnya.

Share this article?

MUST SEE