CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Investasi yang Tepat untuk Masa Depan Anak

By Eskanisa R

10 November 2020

Cermat memilih investasi yang tepat untuk anak di masa depan.

Sumber foto: Pixabay
 
Semua orang tua tentu menginginkan kehidupan yang layak bagi buah hatinya di masa depan. Sebagaimana mereka juga menyadari bahwa semakin tahun biaya hidup semakin mahal. Untuk memastikan buah hati mendapatkan kehidupan yang layak di masa depan yang penuh ketidakpastian, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan investasi berikut sejak dini. 

1. Asuransi Pendidikan
Biaya pendidikan saat ini tentu akan jauh berbeda dengan biaya pendidikan di masa mendatang. Belum lagi inflasi yang memberikan dampak cukup signifikan bagi biaya pendidikan. Menyiapkan asuransi pendidikan sejak dini bisa menjadi satu langkah antisipasi terbaik untuk menghadapi masalah tersebut.
 
Jenis investasi yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi ini mengharuskan orang tua membayar premi setiap bulannya dalam jumlah dan jangka waktu yang sudah disepakati di awal saat mengajukan polis.
 
Karena bentuknya asuransi, investasi jangka panjang ini bisa dicairkan jika terjadi sesuatu pada pihak terjamin (orang tua) dan uang pertanggungan akan diberikan pada ahli waris (anak) atau setelah jatuh tempo (5, 10, 15 atau 20 tahun).

2. Tabungan Pendidikan
Jika asuransi pendidikan dikeluarkan oleh pihak asuransi, maka tabungan pendidikan dikeluarkan oleh pihak bank. Prosesnya cukup mudah, orang tua hanya perlu membuka rekening di bank, menabung secara berkala dengan nominal yang sama dalam jangka waktu yang telah disepakati, dan menerima manfaat tunainya (bunga bank).
 
Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa memilih sistem autodebet, di mana setiap bulannya uang dari rekening utama Anda akan dipotong sesuai dengan nilai (besaran) yang sudah disepakati selama jangka waktu yang juga sudah ditentukan di awal dan akan disalurkan ke tabungan pendidikan (anak).

3. Emas
Jenis investasi lain yang juga patut dipertimbangkan adalah emas. Produk emas yang disarankan adalah logam mulia yang biasa dicetak dalam bentuk batang, koin atau kepingan dengan kadar emas 99,99 persen (emas murni) yang membuat nilainya lebih tinggi dibanding emas perhiasan.
 
Di samping itu, nilai emas logam mulia cenderung stabil (tidak terpengaruh inflasi), bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun sehingga bisa dimanfaatkan untuk masa depan anak.

Share this article?

MUST SEE