CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Ini Sosok Ishii Masafumi, Dubes Jepang yang Disukai Warganet

By Isny Dewi R

15 December 2020

Ishii Masafumi adalah Duta Besar Jepang untuk Indonesia sejak April 2017, yang terkenal aktif mengunggah kegiatannya di akun Instagram @jpnambsindonesia.

Photo source: Instagram @jpnambsindonesia
 
 
Jika mendengar nama Ishii Masafumi, mungkin Anda masih merasa asing. Namun, jika menyebut "Dubes Jepang”, atau “Duta Besar Jepang", Anda pasti sudah tidak asing lagi. Ya, banyak pengguna media sosial khususnya Instagram mengenal sosok satu ini. Masafumi adalah Duta Besar Jepang untuk Indonesia sejak April 2017, yang terkenal aktif mengunggah kegiatannya di akun Instagram @jpnambsindonesia. Akun tersebut saat ini sudah memiliki 149 ribu pengikut.
 
Salah satu hal yang membuat warganet menyukai Masafumi adalah ia kerap kali mengunggah foto menu makan siangnya yang merupakan makanan khas Indonesia, seperti mi ayam, mi Aceh, masakan Minang, sop buntut, soto Betawi, rawon, nasi goreng, nasi uduk, nasi ayam betutu, soto mi Bogor, nasi liwet, soto Padang, coto Makassar, soto Madura, laksa Betawi, tongseng kambing, ayam goreng kremes, sayur asem, dan masih banyak lagi.
 
Ia biasanya mengunggah 2 – 3 foto di Instagram secara bersamaan, dan selalu menunjukkan ekspresi yang unik. Dalam setiap foto makanan yang diunggah, dubes Jepang ini selalu memperlihatkan dua versi. Yang pertama foto saat piring atau mangkuknya masih dipenuhi makanan, dan yang kedua foto setelah makan di mana piring atau mangkuk tersebut sudah tak tersisa makanan sedikit pun. Pada setiap unggahannya juga selalu terdapat tagar bertuliskan #makansiangdubes dan #makanankhasindonesia.

Photo source: Instagram @jpnambsindonesia
 
Diplomat berusia 63 tahun itu juga membuat warganet terkesan karena selalu mengenakan batik Indonesia di hampir semua aktivitasnya sebagai dubes. Beragam motif batik telah ia gunakan. Uniknya lagi, terkadang penggunaannya pun disesuaikan dengan tema kegiatan yang akan ia lakukan. Misalnya saja, saat Masafumi mengunjungi Badan Keamanan Laut (Bakamla), ia mengenakan batik dengan tema laut.
 
Keberadaan Masafumi di Indonesia memang berarti bagi warganet. Maka tak heran jika banyak sekali warganet yang merasa sedih saat Masafumi mengumumkan bahwa masa kerjanya di Indonesia akan segera berakhir dan hanya tersisa beberapa hari lagi. Jangan lupakan Indonesia ya, pak!

Share this article?

MUST SEE