CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Pesan Tiket Bus AKAP Lebih Mudah dengan JaketBus

By Isny Dewi R

13 January 2021

Kemenhub belum lama ini meluncurkan aplikasi pemesanan tiket bus AKAP online, bernama Jakarta Electronic Ticketing Bus (JaketBus).

Photo source: Instagram @terminalterpadupulogebang
 
 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum lama ini resmi meluncurkan aplikasi pemesanan tiket bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) online, bernama Jakarta Electronic Ticketing Bus (JaketBus). Melansir Kompas.com, aplikasi ini merupakan pilot project yang diluncurkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur. Setelah diimplementasikan di Pulo Gebang, nantinya sistem serupa juga akan diterapkan di terminal-terminal lainnya.
 
Jaketbus sendiri dapat diunduh di Google Play Store dan Apple Store. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa memesan dan membayar tiket bus AKAP secara online, serta melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan e-wallet, transfer bank, atau di minimarket.
 
 
Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi JaketBus untuk pemesanan tiket:
 
  1. Unduh aplikasi JaketBus di Google Play Store atau Apple App Store.
 
  1. Buat akun terlebih dahulu. Klik “Daftar”, masukkan nomor ponsel yang ingin didaftarkan, lalu klik “Lanjutkan”. Isi form pendaftaran yang terdiri dari Nama Depan, Nama Belakang, E-mail, dan Password, lalu klik “Daftar”. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel yang telah didaftarkan.
 
  1. Setelah akun selesai dibuat, Anda akan diarahkan ke halaman utama JaketBus. Pada bagian ini, Anda bisa melihat saldo e-money yang dimiliki, menu “Order Bus” dan menu “Info Jadwal”.
 
  1. Jika Anda ingin memesan tiket bus, klik menu “Order Bus”.
 
  1. Pilih lokasi keberangkatan dan lokasi tujuan.
 
  1. Pilih tanggal keberangkatan. Tentukan jumlah tiket yang akan dipesan, serta apakah tiket yang dipesan untuk berangkat saja, atau pulang-pergi (PP).
 
  1. Klik “Order Bus”. Lalu, akan ditampilkan bus AKAP yang tersedia, beserta harga tiket, dan sisa kursi.
 
  1. Klik bus yang Anda inginkan. Pilih nomor kursi yang diinginkan, lalu klik “Lanjutkan”.
 
  1. Selesaikan pembayaran dengan memilih metode pembayaran, lalu klik “Konfirmasi”.

Share this article?

MUST SEE