CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Jenis Essential Oil untuk Redakan Pusing

By Isny Dewi R

13 January 2021

Dari sekian banyaknya jenis essential oil yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, terdapat beberapa jenis yang terbukti dapat membantu meredakan pusing secara alami.

Photo source: Pexels
 
 
Apakah Anda sering mengonsumsi obat saat sedang sakit kepala? Jika ya, mungkin kini saatnya Anda beralih menggunakan essential oil untuk mengatasi sakit kepala secara alami. Minyak aromaterapi atau essential oil memang dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif setidaknya untuk meredakan pening. Bahkan beberapa jenis di antaranya mampu mengurangi gejala migrain.
 
Melansir Hopkins Medicine, saat seseorang menghirup aroma essential oil, molekul-molekul aroma akan masuk ke dalam saraf penciuman, lalu menuju otak. Aroma itu yang kemudian memengaruhi amigdala, pusat emosi pada otak. Dari situ, otak akan mengirimkan sinyal ke organ tubuh lainnya untuk merasa rileks, termasuk meredakan sakit kepala atau migrain.
 
Dari sekian banyaknya jenis essential oil yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan, terdapat beberapa jenis yang terbukti dapat membantu meredakan pusing secara alami. Dilansir dari Detik.com, berikut tiga di antaranya.
 
  1. Peppermint
Melansir Cnnindonesia.com, minyak peppermint diketahui dapat mengobati sakit kepala dan migrain. Kandungan mentol di dalamnya berperan dalam membantu mengendurkan otot yang kaku dan meredakan nyeri. Essential oil peppermint bisa langsung diaplikasikan pada tubuh. Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa. Atau bisa juga menggunakan diffuser untuk meredakan sakit kepala.
 
  1. Lavender
Essential oil lavender juga bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit kepala dan migrain. Lavender mampu merilekskan saraf sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Mengutip Medical News Today, menghirup lavender terbukti aman dan efektif untuk mengelola sakit kepala. Essential oil jenis ini bisa langsung Anda oleskan di kulit. Bisa juga Anda tambahkan ke dalam difuser dan bak mandi.
 
  1. Kayu Putih
Minyak kayu putih sejak dahulu memang dipercaya dapat membantu meredakan sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh sinus. Minyak kayu putih atau eukaliptus dapat membuka saluran hidung, dan membersihkan sinus, sehingga memiliki efek meredakan rasa tegang pada sinus. Cara menggunakannya, bisa langsung Anda oleskan di tubuh, atau dituang ke air panas lalu menghirup uapnya.

Share this article?

MUST SEE