CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Jenis Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram Tiap Hari

By Isny Dewi R

26 October 2020

Tanaman hias ini yang tidak perlu disiram setiap hari dalam perawatannya, cocok untuk pemula.

Photo source: Pexels
 

Apakah selama pandemi dan #dirumahaja membuat Anda jadi tertarik merawat tanaman hias? Jika ya, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk memboyong tiga tanaman hias ini karena tidak perlu disiram setiap hari dalam perawatannya, cocok untuk Anda yang masih pemula.
 
1. Kaktus
Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan jenis tanaman hias yang satu ini. Pada dasarnya, kaktus memang merupakan tanaman yang biasa hidup di area gersang seperti gurun, karena tanaman jenis ini memiliki banyak cadangan air di dalam tubuhnya. Sehingga Anda tak perlu menyiramnya setiap hari jika memiliki tanaman ini di rumah. Cukup dua kali selama seminggu.
 
Cara menyiram kaktus pun tak bisa sembarangan. Siram langsung ke tanahnya, dan usahakan agar batangnya tidak terlalu sering terkena air, karena akan membuatnya busuk. Anda bisa meletakkan kaktus di ruangan ber-AC, tapi dianjurkan juga untuk menjemurnya dua hari sekali. Saat menjemurnya, usahakan agar tanaman ini terkene sinar matahari langsung.
 
2. Rubber Plant
Tanaman hias satu ini juga aman diletakkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sinar matahari langsung. Rubber Plant memiliki ciri khas daun yang tebal dan dapat tumbuh tinggi. Merawat tanaman ini juga tidak akan merepotkan Anda, karena hanya perlu disiram 2 – 3 kali dalam seminggu. Bahkan jika Anda menaruhnya di tempat yang teduh, disiram hanya sekali dalam seminggu pun tetap aman. Agar Rubber Plant dapat tumbuh subur, Anda perlu menambahkan pupuk 1 – 2 bulan sekali.
 
3. Begonia
Jenis tanaman hias ini terkenal dengan bentuk-bentuk daunnya yang unik, bahkan ada yang daunnya memiliki bulu. Begonia dapat tumbuh dengan sinar matahari pagi, dan tidak dapat disiram setiap hari. Dianjurkan untuk menyiramnya dua hari sekali. Atau bisa juga dengan mengecek tanahnya terlebih dahulu. Kalau tanahnya terasa kering, Anda bisa menyiramnya.
 
Namun, jangan berlebihan saat menyiram tanaman ini, jangan sampai air menggenangi tanah atau pun terlalu kering, karena Begonia suka dengan tanah yang lembap. Untuk potnya sendiri, jangan gunakan yang terlalu besar karena akan membuatnya kesulitan untuk tumbuh. Dan jangan lupa untuk memberinya pupuk 1 – 2 bulan sekali agar dapat tumbuh dengan baik.

Share this article?

MUST SEE