CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Kandungan Skincare dan Kosmetik yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

By Eskanisa R

27 August 2020

Tampil cantik dan aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Sumber foto: Pixabay

Tampil cantik rasanya memang sudah menjadi kebutuhan perempuan, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Meski demikian, para ibu hamil diminta untuk cermat dalam memilih produk perawatan wajah dan kosmetik. Pasalnya, ada beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang berbahaya bagi kesehatan janin. Berikut tiga bahan produk perawatan wajah dan kosmetik yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil dan menyusui.

1. Retinoid
Zat turunan vitamin A ini diketahui memiliki kemampuan untuk meminimalisir penuaan dini sehingga umum ditemukan dalam produk anti-aging. Sayangnya, penggunaan retinoid harus dihindari oleh para ibu hamil karena bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada janin yang sedang berkembang. Melansir HaiBunda, jenis retinoid yang harus dihindari antara lain retinol, retinoic acid, retinyl palmitate, retinyl linoleate, differin, adaplene, tretinoin dan isotretinon.

2. Paraben
Paraben umum ditemukan dalam berbagai produk kosmetik sesuai dengan fungsinya yakni untuk mengawetkan sekaligus pencegah timbulnya jamur dan bakteri guna menjaga kualitas produk.
 
Meski demikian, pemakaian produk yang menngandung paraben saat hamil memerlukan perhatian. Sebab, selain bisa memicu alergi, paraben dicurigai dapat memicu kanker payudara serta memengaruhi sistem reproduksi.
 
Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari produk kecantikan yang mengandung beberapa jenis paraben seperti propylparaben, methylparabel, dan butylparaben.

3. Salicylic Acid
Salicylic acid merupakan salah satu bahan produk perawatan wajah yang diketahui ampuh untuk jerawat. Kandungan ini umum sekali ditemukan dalam produk skincare seperti face wash, toner, chemical peeling, serum hingga face moisturizer.
 
Menurut American College for Obstetricians and Gynaecologists (ACOG), salicylic acid, azelaic acid, glycolic acid dan benzoyl peroxide masih aman digunakan oleh ibu hamil dalam jumlah sedikit namun harus tetap dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum pemakaian (tidak lebih dari dua persen dan dua kali sehari).
 
Melansir Orami Parenting, yang harus dihindari oleh ibu hamil merupakan salicylic acid jenis oral (diminum) yang bisa meningkatkan risiko pendarahan, keguguran dan kecacatan pada jantung bayi. 
  

Share this article?

MUST SEE