CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Kenali Tanda Ini Agar Tidak Tertipu Lowongan Kerja Palsu

By Eskanisa R

05 October 2020

Teliti sebelum melamar pekerjaan secara daring.

Sumber foto: Pixabay

Mencari pekerjaan di tengah pandemi memang bukan perkara mudah. Meski ada banyak sekali situs pencari kerja di internet, perhatikan tanda-tanda di bawah ini agar tidak mudah tertipu lowongan kerja palsu.

1. Gaji Besar
Tidak dapat dipungkiri jika gaji merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan saat melamar pekerjaan. Namun, jangan mudah percaya dengan iming-iming gaji selangit. Apalagi jika gaji yang ditawarkan untuk sebuah profesi terlampau besar untuk pekerjaan yang tidak seberapa. Pastikan Anda melakukan riset mengenai nominal gaji rata-rata untuk posisi yang Anda inginkan sebelum melamar.

2. Website Tidak Jelas
Selain gaji, Anda juga wajib mengecek kebenaran suatu lowongan kerja melalui website resminya. Menurut Farida Lim, perwakilan dari Jobstreet.com, penipu memasang iklan lowongan pekerjaan di berbagai website agar mudah ditemukan oleh korban (pencari kerja). Selain itu, nama e-mail atau website seperti dibuat dengan nama asal-asalan.
 
Setelah mendapat lowongan pekerjaan, jangan ragu untuk konfirmasi ke perusahaan tersebut yang bisa dilakukan dengan menghubungi telepon resmi perusahaan, e-mail, website atau akun sosial media.

3. Meminta Uang
Jika Anda menemukan sebuah perusahaan yang meminta untuk melakukan transaksi (pengiriman) uang terlebih dahulu sesaat setelah Anda dinyatakan diterima, maka bisa dipastikan bahwa lowongan tersebut palsu. Apapun alasannya, meminta sejumlah uang dari pelamar kerja sangat tidak masuk akal. Entah untuk biaya administrasi, pendaftaran, asuransi, seminar, pelatihan dan lain sebagainya, jangan mau mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan pekerjaan.
 

Share this article?

MUST SEE