CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Keterampilan ini Wajib Dimiliki Marketing Andal

By Eskanisa R

13 Jan 2020

Sukses menjadi marketing dengan mengantongi keterampilan ini.

Marketing menjadi salah satu bidang yang menawarkan ruang berkreasi tanpa batas. Jika Anda tertarik berkecimpung dalam dunia marketing, Anda senantiasa dituntut untuk bisa berpikir out of the box. Dunia marketing tidak melulu cocok bagi mereka yang menyukai tantangan saja, namun juga yang gemar menyusun strategi sistematis agar dapat ‘menjual’ produk kepada klien. Nah, berikut keterampilan yang wajib Anda miliki untuk menjadi seorang marketing andal.

1. Public Speaking

Keahlian berbicara di depan umum wajib dimiliki seorang marketing. Biasanya, setelah mendapatkan proyek, Anda ditantang untuk bisa menyampaikan ide pada klien. Di sini, selain bisa menyampaikan tujuan dari proyek tersebut, Anda juga dituntut harus siap menjawab pertanyaan-pertanyaan spontan yang diajukan klien. Pastikan Anda bisa menyampaikan strategi hingga proses pengerjaan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh klien sehingga mereka dapat memahami dan menerima usulan yang Anda sampaikan.

2. Analisis

Selain kemampuan public speaking, poin kedua yang harus Anda kuasai adalah kemampuan analisis. Untuk dapat menyusun strategi yang sesuai dengan permintaan klien, Anda harus melakukan banyak penelitian tentang target (pasar). Berdasarkan data yang Anda kumpulkan, harus ada analisis yang baik sebelum akhirnya disimpulkan dan dievaluasi untuk melanjutkan ke proses berikutnya (pengerjaan).

3. Negosiasi

Terakhir, ada kemampuan pendukung yang dipercaya sangat membantu pekerjaan seorang marketing. Di sini kemampuan bernegosiasi sangat penting untuk berkompromi perihal bujet, deadline (tenggat waktu pengerjaan), dan hasil. Kemampuan bernegosiasi yang baik bisa menguntungkan kedua belak pihak, Anda dan klien.

Share this article?

MUST SEE