CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Keuntungan Investasi yang Harus Anda Tahu

By Isny Dewi R

11 January 2021

3 keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi.

Photo source: Pexels
 
 
Meski dari tahun ke tahun semakin banyak masyarakat yang mulai terjun ke dunia investasi, akan tetapi jumlahnya masih harus ditingkatkan lagi agar basis investor domestik lebih banyak dibanding asing.
 
Investasi tak hanya menjadi cara untuk belajar menyisihkan uang, namun lebih dari itu, investasi bahkan dapat dijadikan sebagai jalan untuk mendapatkan kekayaan. Berikut tiga keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan berinvestasi, seperti dilansir dari Cermati.com.
 
1. Menjamin Hari Tua
Jika Anda sudah mulai berinvestasi sejak usia muda, maka kemungkinan besar masa tua Anda akan terjamin secara finansial. Anda bisa menikmati masa tua dengan tenang tanpa harus kerja keras atau menyusahkan anak-cucu, karena uang hasil investasi akan dengan sendirinya mengalir ke rekening Anda. Atau bisa juga keuntungan investasi Anda putar lagi untuk mengelola bisnis. Dengan begitu, uang hasil investasi tidak akan cepat habis, malah kian bertambah. Investasi akan mengamankan keuangan Anda di masa tua. Anda tak perlu khawatir akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.
 
2. Kondisi Pasar akan Berbalik Arah
Bukan rahasia lagi, pandemi Covid-19 membawa dampak yang buruk bagi sektor perekonomian Indonesia, termasuk dunia investasi, baik di pasar modal, pasar uang, maupun properti. Pergerakannya menjadi fluktuatif, naik dan turun begitu cepat.
 
Meski penuh dengan ketidakpastian, namun biasanya kondisi pasar akan kembali membaik, berbalik arah menjadi positif setelah sentimen negatif hilang. Jadi, meski saat ini pandemi masih berlangsung, namun jangan ragu untuk berinvestasi. Justru inilah momen yang tepat untuk memulai, misalnya membeli saham, karena harga-harga saham saat ini cenderung murah. Anda tinggal menunggu, begitu situasi pulih, harga saham pasti akan pulih kembali.
 
3. Modal Investasi Makin Terjangkau
Jika dulu investasi sering dianggap sebagai barang mewah, kini anggapan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Siapa pun kini dapat berinvestasi. Anda tak perlu mengeluarkan modal besar hingga puluhan atau bahkan ratusan juta. Sekarang ini, modal investasi bisa dimulai dari Rp 10 ribu saja, seperti investasi emas online yang ditawarkan e-commerce ternama.
 
Meski begitu, Anda tetap harus swaspada karena saat ini semakin banyak investasi bodong. Sebelum memulai, kenali terlebih dulu instrumen investasi yang akan Anda pilih. Dan pastikan perusahaan yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun lembaga lainnya agar terhindar dari investasi ilegal atau bodong.

 

Share this article?

MUST SEE