CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Komunitas ini Bantu Anak-anak di Pelosok Bersekolah dengan Layak

By Isny Dewi R

26 August 2020

ABHI, singkatan dari Aksi Bahagia Berbagi merupakan sebuah komunitas dengan misi untuk membantu anak-anak di pelosok yang membutuhkan.

Photo source: Pixabay
 
 
Masih banyak anak Indonesia yang kurang beruntung dalam hal pendidikan, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan pelosok. Sering kali usaha mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak terhambat oleh fasilitas dan perlengkapan yang kurang memadai. Berangkat dari permasalahan tersebut, komunitas ini hadir untuk membantu anak-anak Indonesia agar dapat bersekolah dengan layak.
 
ABHI, singkatan dari Aksi Bahagia Berbagi merupakan sebuah komunitas yang berada di bawah naungan Yayasan Indonesia Hijau dengan misi untuk membantu anak-anak di pelosok yang membutuhkan. Kegiatan utama komunitas ini adalah menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk anak-anak di pelosok. Meski demikian, ABHI juga kerap memberikan bantuan untuk lansia dan masyarakat lainnya yang kurang beruntung.
 
Awalnya, ABHI hanya didirikan oleh empat orang pemuda dengan relawan sekitar 20 orang.  "Awalnya komunitas ini adalah kumpulan pebisnis kecil-kecilan yang mau memberikan sebagian penghasilannya untuk berbagi, jadi ABHI membentuk komunitas aksi bahagia berbagi, dengan terjun langsung untuk berbagi pada orang-orang yang membutuhkan," ungkap Putri Septiana salah satu volunteer ABHI, dikutip dari Popmama.com.
 
Acara pertama yang digelar oleh Aksi Bahagia Berbagi berlangsung di kota Lampung pada tanggal 20 November 2017 silam yang bertepatan dengan hari anak sedunia. Dalam acara tersebut, ABHI memberikan bantuan berupa 100 perlengkapan sekolah seperti tas, seragam, dan alat tulis yang disponsori oleh salah satu minimarket di Indonesia.
 
Photo source: Instagram @aksi.bahagia.berbagi
 
Sejak saat itu, ABHI mulai rutin memberikan bantuan ke daerah-daerah. Beberapa daerah yang sudah mendapatkan bantuan dari komunitas ini antara lain Lampung, Palembang, Lombok, NTT, Pandegelang, Tasikmalaya, Wonosobo, dan Karawang. Dari bantuan yang telah mereka salurkan, ABHI berharap anak-anak semakin semangat belajar.
 
Saat pandemi seperti ini, ABHI tetap eksis menggalang dana untuk membantu para lansia yang terdampak pandemi. Selain itu, komunitas ini juga membuka donasi untuk membantu menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas medis.
 
Jika Anda tertarik bergabung dengan komunitas solidaritas kemanusiaan dan pendidikan ini, Anda bisa kunjungi akun Instagram ABHI.

 

Share this article?

Place/Address:

ABHI (Aksi Bahagia Berbagi)

More Information:

Phone: 0812-3127-6073

MUST SEE