CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Komunitas ini Ajak Masyarakat Lestarikan Kebaya lewat #SelasaBerkebaya

By Eskanisa R

04 August 2020

Bangga menggunakan kebaya sebagai pakaian harian.

Sumber foto: MNC Update

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk ikut melestarikan budaya Indonesia seperti yang dilakukan oleh komunitas unik satu ini. Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia yang didirikan pada tahun 2014 ini mengajak masyarakat untuk aktif melestarikan kebaya.
 
Lewat gerakan Selasa Berkebaya, komunitas ini memakai kebaya dalam menjalani aktivitasnya, baik untuk pergi ke kantor, hingga ke pasar. Ada yang menggunakan kebaya dengan kain atau memadukannya dengan aksesoris kekinian untuk gaya yang lebih kasual.
 
Tujuannya tidak lain untuk memperkenalkan kebaya sebagai bagian dari budaya dan sejarah Indonesia dan mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk melestarikan kebaya sebagai salah satu busana khas Indonesia.
 
Melansir BBC Indonesia, salah satu anggota Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, Yanti yang berprofesi sebagai arsitek mengatakan bahwa memakai kebaya untuk rutinitas sehari-hari tidak sesulit yang dibayangkan. Ia juga menambahkan sering memakai kebaya untuk ke proyek juga naik – turun ojek.
 
“Saya sering ke proyek, naik turun tangga, juga naik ojek pakai kebaya, biasa saja.” tutur Yanti.
 
Gerakan SelasaBerkebaya ini kemudian menjadi agenda rutin di berbagai kota. Bahkan, media sosial juga diramaikan dengan hashtag #SelasaBerkebaya yang menampilkan unggahan berbagai kalangan saat memakai kebaya sebagai busana sehari-hari.

Share this article?

MUST SEE