CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Lakukan Hal Ini Jika Terjadi Resesi Ekonomi

By Eskanisa R

12 October 2020

Tiga hal penting yang wajib Anda lakukan jika terjadi resesi.

Sumber foto: Pixabay
 
Di tengah pandemi global seperti ini, penyusutan ekonomi tidak dapat dihindarkan. Sebut saja negara tetangga seperti Singapura yang pada bulan Juli 2020 mengalami penurunan ekonomi, diikuti oleh Korea Selatan, Jerman, Jepang, Perancis dan Amerika Serikat, disadur dari laman Kompas.
 
Mengingat pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang juga menurun drastis selama pandemi, mungkin kita hanya tinggal menunggu waktu saja untuk masuk ke dalam jurang resesi. Menyadur dari laman Forbes, resesi merupakan penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi dalam jangka waktu yang panjang. Lantas apa yang bisa kita lakukan jika resesi ekonomi melanda Indonesia?  

1. Mengurangi Pengeluaran
Untuk memastikan Anda tidak mengeluarkan uang berlebih, buat anggaran bulanan sesuai dengan pemasukan. Anda harus mengetahui apa saja keperluan yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Apakah memang dibutuhkan atau tidak? Selalu utamakan kebutuhan primer seperti listrik, air, belanja makanan termasuk membayar utang.

2. Bayar Utang
Membayar utang di tengah situasi ini mungkin terasa berat, namun dapat membuat Anda lebih tenang. Prioritaskan utang yang jatuh temponya paling cepat agar terhindar dari denda.

3. Buat Dana Darurat
Menyadur dari laman Nova, dana darurat berguna untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga di kemudian hari. Nantinya, dana darurat tersebut bisa digunakan saat terkena PHK, mengalami penyusutan penghasilan secara drastis, sakit atau mengalami bencana alam. Tentukan jumlah dana darurat yang harus disisihkan setiap bulannya, umumnya berkisar 5 – 10% dari total penghasilan. Lakukan secara rutin dan konsisten sama seperti membayar utang.

Share this article?

MUST SEE