CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Langkah Aman Jika Terpaksa Harus ke Fasilitas Kesehatan saat Pandemi COVID-19

By Eskanisa R

22 July 2020

Pergi ke puskesmas atau rumah sakit tanpa rasa khawatir dengan menerapkan cara ini.

Sumber foto: Pixabay

Hingga saat ini, pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja jika memang tidak ada urusan penting atau darurat di luar rumah, tidak terkecuali bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit atau sedang sakit.
 
Tapi bagaimana jika memang terpaksa harus pergi ke fasilitas kesehatan, seperti puskesmas atau rumah sakit? Jangan panik! Dilansir dari berbagai sumber, Anda bisa menerapkan langkah aman berikut untuk memaksimalkan perlindungan tubuh dari bahaya COVID-19 saat harus berkunjung ke fasilitas kesehatan.
  • Memakai masker dan melakukan physical distancing. Dokter spesialis penyakit dalam sekakigus dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Ari Fahrian Syam mengungkapkan pentingnya memakai masker dan melakukan physical distancing saat berkunjung ke fasilitas kesehatan, dilansir Kompas.
  • Pilih masker yang bisa menutup hidung dan mulut (sampai dagu) dengan rapat. Lebih baik lagi jika ditambah menggunakan face shield atau minimal kacamata.
  • Gunakan hand sanitizer sesering mungkin. Puskesmas dan rumah sakit telah menyediakan hand sanitizer untuk pengunjung mencuci tangan sebagai langkah antisipasi penularan virus secara masif di area fasilitas kesehatan. Tetapi jauh lebih baik jika mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Jaga jarak aman dengan pengunjung lain minimal satu meter, baik saat antre maupun menunggu giliran panggil.
  • Sebisa mungkin gunakan tangga untuk naik atau turun. Jika terpaksa menggunakan lift, terapkan etika naik lift.
  • Tidak menyentuh permukaan atau benda selama berada di puskesmas atau rumah sakit. Sebab, bisa saja droplet dari orang tanpa gejala menempel di berbagai permukaan atau benda. Jika menyentuh, segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.
  • Menerapkan etika batuk dan bersin.
  • Menerapkan etika bersih menggunakan toilet (umum).
  • Jika harus menebus obat, lakukan transaksi non-tunai.
  • Segera pulang ke rumah setelah berkunjung dari puskesmas atau rumah sakit. Sesampainya di rumah, segera mencuci tangan dan mengganti pakaian yang digunakan saat berpergian. Namun jauh lebih baik jika langsung mandi.
 
Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana di atas ketika berada di fasilitas kesehatan maupun sesampainya di rumah, diharapkan mampu mencegah penyebaran COVID-19.
 

Share this article?

MUST SEE