CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Langkah Sederhana Menyusun Resolusi Tahun 2021 yang Realistis

By Eskanisa R

21 December 2020

Ada banyak cara untuk mewujudkan mimpi-mimpi Anda tahun depan.

Sumber foto: Pixabay
 
Tahun baru 2021 tinggal menghitung hari. Meski tahun ini banyak rencana yang harus ditunda karena pandemi, tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat resolusi baru yang lebih realistis untuk pencapaian di 2021 nanti. Untuk kembali fokus meraih mimpi, resolusi bisa jadi pengingat diri. Berikut langkah sederhana menyusun resolusi untuk tahun 2021.

1. Tujuan
Tanpa ada tujuan yang jelas, resolusi yang Anda buat hanya akan berakhir pada angan-angan semata. Itu sebabnya hal pertama yang harus dilakukan dalam menyusun resolusi
 tahun baru adalah menentukan tujuan.
 
Sebagai contoh, Anda ingin mulai menabung emas. Dalam menentukan resolusi, Anda perlu tahu tujuan menabung emas itu apa, untuk investasi atau sekadar koleksi? Di samping itu, apakah resolusi yang Anda buat bermanfaat untuk hidup Anda atau tidak?

2. Daftar
Daftar ini berisi resolusi spesifik yang akan Anda wujudkan dalam kurun waktu satu tahun ke depan dan langkah secara detail untuk melakukannya. Daftar ini juga berguna sebagai bahan evaluasi. Sebab, tanpa daftar yang jelas, Anda tidak bisa mengingat mana saja yang belum dan sudah tercapai, serta mana yang menjadi prioritas dan tidak.

3. Cari Dukungan
Tentu bukan hal yang memalukan untuk berbagi apa yang menjadi resolusi Anda dengan orang-orang terdekat seperti orang tua. Jika dilihat dari sisi positifnya, orang tua bisa jadi penyemangat untuk bisa mencapai tujuan Anda. Tidak perlu malu jika tidak sesuai harapan, yang penting terus berjuang, dan bangkit ketika menghadapi kegagalan.

Share this article?

MUST SEE