CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Lebih dari Sekadar Memudahkan, Ini Manfaat Memiliki Kartu Kredit

By Eskanisa R

04 August 2020

Selama digunakan dengan bijak, kartu kredit memiliki segudang manfaat.

Sumber foto: Pixabay

Hingga saat ini, kartu kredit masih menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain persyaratan pengajuannya yang cukup mudah, alat bantu pembayaran dengan konsep buy now pay later ini memiliki sederet manfaat jika digunakan sesuai kebutuhan.

1. Praktis
 
Melansir cermati.com, kartu kredit memberikan pengalaman berbelanja yang aman, praktis, dan nyaman. Di mana pemiliknya tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak atau sibuk mencari ATM untuk tarik tunai saat berbelanja. Dengan begitu, risiko kejahatan seperti menjadi korban perampokan saat tarik tunai bisa diminimalisir.

2. Promo Cicilan 0% Hingga Cashback
Kartu kredit juga sering menawarkan berbagai promo menarik untuk para pemiliknya, seperti promo belanja dengan cicilan 0%, diskon tambahan, dan cashback untuk berbagai kebutuhan. Namun, sebelum memutuskan membeli barang dengan iming-iming promo, pastikan jika Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jangan mudah tergiur!.

3. Mata Uang Internasional
Melansir Tokopedia, pemilik kartu kredit yang kebetulan senang jalan-jalan ke luar negeri tidak perlu pusing menukar rupiah ke mata uang asing negara tujuan. Sebab, kartu kredit bisa digunakan untuk bertransaksi di seluruh dunia. Nantinya, setiap transaksi yang dilakukan akan dikoversi ke dalam rupiah secara otomatis untuk mempermudah perhitungan pengeluaran saat berada di luar negeri.

4. Aman digunakan untuk Belanja Daring
Belanja daring tentu memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus pergi keluar rumah. Salah satu keuntungan belanja daring menggunakan kartu kredit adalah meminimalisir risiko penipuan. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan saat belanja daring, Anda bisa menghubungi penerbit kartu kredit untuk kemudian membekukan dana yang sudah terlanjur Anda bayar. Ini menjadi keuntungan kartu kredit yang tidak dimiliki alat pembayaran non-tunai lain.

5. Mempermudah Melacak Pengeluaran
Keuntungan lain dari kepemilikan kartu kredit yang tidak kalah penting adalah pengeluaran jadi lebih terlacak. Sebab, pengelolaan keuangan yang baik berangkat dari catatan traksaksi keluar – masuk uang setiap waktu. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa besar uang yang digunakan untuk kebutuhan lain. Setiap bulannya, penerbit kartu kredit akan mengirimkan lembar tagihan yang berisi catatan setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Jadi, tidak perlu lagi mencatat setiap transaksi secara manual. Lebih hemat waktu dan tenaga, ya?

Share this article?

MUST SEE