CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Manfaat Lain Silica Gel yang Jarang Orang Tahu

By Eskanisa R

03 September 2020

Jangan langsung dibuang, ya.

Sumber foto: Pixabay

Butiran kecil dalam bungkus kertas ini umum sekali dijumpai di dalam tas maupun kotak sepatu. Utamanya, gel silika befungsi untuk menyingkirkan bau tak sedap. Tapi siapa sangka jika si kecil ini memiliki segudang manfaat lain seperti yang tertera di bawah ini.

1. Mencegah Karat
Anda mungkin sering menemukan kondisi pisau cukur yang baru satu atau dua kali dipakai sudah berkarat. Untuk menghemat uang, Anda bisa meletakkan gel silika dalam wadah plastik (tempat menyimpan pisau cukur) agar tidak mudah berkarat. Di sini, gel silika berfungsi untuk menyerap kelembaban pada pisau cukur setelah digunakan.
 
Idealnya, gel silika diganti setelah pisau cukur sudah dipakai hingga delapan kali. Bisa juga digunakan untuk mencegah karat pada barang-barang lain yang terbuat dari logam seperti alat perkakas.

2. Mencegah Jamur
Selain mencegah jamur pada tas atau sepatu, gel silika juga dapat digunakan untuk melindungi alat dan produk kosmetik dari jamur membandel. Caranya sangat mudah, letakkan satu atau dua bungkus gel silika pada tas atau wadah penyimpanan alat dan produk kosmetik. 

3. Sahabat Kamera Anti Air
Bagi yang senang mengabadikan gambar di bawah laut pasti sudah tidak asing lagi dengan kamera anti air. Sayang, kamera jenis ini terbilang cepat rusak, karena kondisinya sering lembab dan kurangnya perawatan. Salah satu cara untuk merawat kamera anti air agar tetap awet adalah meletakkan satu atau dua bungkus gel silika di dalam tas kamera setelah dibersihkan secara berkala.

Share this article?

MUST SEE